Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Lolos UTBK SNBT 2023, Prof Nizam Beri 3 Tips Pilih PTS

Kompas.com - 20/06/2023, 16:23 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang gagal lolos di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023, ada 3 tips memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Banyak PTS terbaik di Indonesia menawarkan sistem perkuliahan atau pembelajaran yang sama baiknya dengan PTN. Namun, saat memilih PTS jangan sampai tertipu.

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Prof. Nizam, memberikan tips memilih PTS bagi calon mahasiswa agar tak lagi tertipu. 

Prof Nizam mengatakan jangan ragu memilih PTS saat gagal lolos di UTBK SNBT 2023.

Ia mengatakan, jika persebaran atau kuota bangku PTS lebih banyak dari PTN.

Baca juga: KIP Kuliah 2023 untuk PTS Dibuka 23 Juni, Cek Syarat dan Cara Daftar

"Untuk persebaran PTS di banyak wilayah juga lebih banyak dari PTN," Kata Prof Nizam saat mengikuti konferensi pers pengumuman hasil UTBK SNBT 2023, Selasa (20/6) 2023) secara daring. 

Meski begitu ia mengatakan bila saat calon mahasiswa mencari PTS, perhatikan kualitas kampus tersebut agar tidak tertipu.

Tips pilih PTS

Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih PTS? Prof Nizam sempat memberikan tips memilih PTS seperti berikut:

1. Cek akreditasi

Salah satunya, dengan mengecek akreditasi sebagai bukti kualitas perguruan tinggi swasta. Cek akreditasi ini bisa meliputi jurusan atau program studi dan PTS itu sendiri. Cara cek akreditasi, bisa melalui laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. 

"Jika kampus tersebut tidak terakreditasi, maka tidak layak atau belum layak menyelenggarakan pendidikan tinggi," kata Prof Nizam.

2. Awas kuota abal-abal

Ia mengatakan banyak kampus swasta yang menawarkan kuota abal-abal. Calon mahasiswa harus mempelajari kuota yang ditawarkan PTS. Biasanya, PTS memiliki data daya tampung, tingkat keketatan masing-masing fakultas atau prodi di website masing-masing PTS. 

3. Tanya senior atau kakak kelas

Jika ada kakak kelas atau senior yang diterima di PTS kamu bisa menanyakan bagaimana kualitas PTS tersebut kepada kakak kelas. "Informasi dari kakak kelas akan membantu mengenali PTS tujuan," kata dia. 

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 5 PTS Terbaik Indonesia, Ada UAD/UMM

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com