Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 5 PTS Terbaik Indonesia, Ada UAD/UMM

Kompas.com - 19/06/2023, 10:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia 2023 yang memiliki Jurusan Kedokteran.

PTS terbaik yang punya Jurusan Kedokteran ini merupakan 5 kampus teratas versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2023.

Pemeringkatan SIR 2023 merupakan lembaga pemeringkat kualitas kampus se-dunia. SIR melakukan pemeringkatan untuk universitas atau perguruan tinggi dan lembaga penelitian di seluruh dunia.

Dalam pemeringkatan SIR 2023, terdapat 3 indikator utama yang digunakan dalam proses pemeringkatan tersebut, yaitu penelitian (50 persen, inovasi (30 persen), dan dampak sosial (20 persen).

Tiga indikator itu didukung sejumlah aspek penilaian, seperti high quality publication dan international collaboration untuk indikator penelitian, innovation knowledge dan patents untuk indikator inovasi, serta inbound links dan web size untuk kategori dampak sosial.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran 5 Kampus Yogyakarta, UGM hingga UII

Melalui pemeringkatan SIR 2023, calon mahasiswa bisa tahu mana saja PTS terbaik di Indonesia yang punya Jurusan Kedokteran. Selain itu, mahasiswa bisa cek biaya kuliah di 5 PTS tersebut. 

Biaya kuliah Jurusan Kedokteran di PTS memiliki komponen yang berbeda. Tetapi, secara umum mahasiswa akan membayar SPP dan uang gedung yang dibayarkan satu kali saja.

Untuk itu cek dulu daftar Jurusan Kedokteran di 5 PTS terbaik di Indonesia beserta biaya kuliah. Data ini, bisa menjadi referensi penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2023.

5 PTS terbaik di Indonesia versi SIR 2023

1. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD)

Peringkat Indonesia: 37

UAD termasuk PTS yang memiliki Jurusan Kedokteran. Kampus ini menerapkan biaya Uang Gedung (DPPT), SPP per semester dengan beban 18 sks, registrasi, Pembinaan Mahasiswa (Jas Almamater, Tes TOEFL), asuransi pertahun, tabungan, KKN, dan biaya praktikum.

Biaya Uang Gedung (DPPT) dibayarkan dari semester I sampai VI. Biaya uang Gedung (DPPT) naik Rp 250.000 di gelombang 2, dan Rp 500.000 di gelombang 3.

Dilansir dari laman UAD, mahasiswa yang kuliah dalam 8 semester dan menempuh 144 SKS, maka biaya yang dikeluarkan setiap semester adalah sebagai berikut:

  • Semester I : Rp 60,45 juta
  • Semester II -VI : Rp 58,95 juta
  • Semester VII- VIII : Rp 25,12 juta

Baca juga: Beasiswa Kedokteran UAD 2023: Bisa Kuliah Gratis, Ini Persyaratannya

Informasi biaya kuliah Jurusan Kedokteran UAD bisa cek di laman https://pmb.uad.ac.id/biaya-kuliah/

2. Universitas Surabaya (Ubaya)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com