Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Penerbangan Ini Siap Serap Lulusan Sekolah Vokasi Milik Kemenhub

Kompas.com - 16/06/2023, 14:33 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendukung program Pemerintah dalam menyerap lulusan sekolah vokasi sekaligus meningkatkan kemampuan dari SDM transportasi udara, maka Whitesky Group melakukan kerja sama dengan beberapa institusi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kerja sama ini yang ditanda tangani di sela-sela Heli Expo Asia (Hexia) ini dilakukan antara Whitesky Group dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU), Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) dan Bandara Internasional Kalimarau Berau, Kalimantan Timur.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

CEO and Founder Whitesky Group, Denon Prawiraatmadja mengatakan, sebagai pelaku industri pihaknya sangat membutuhkan sumber daya manusia yang akan mendukung kegiatan usahanya.

Di mana saat ini Whitesky Group merupakan salah satu operator helikopter terbesar di Tanah Air yaitu Heli City.

"Untuk itulah kami membutuhkan sumber daya manusia dibidang transportasi udara, khusus helikopter. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, kita dari industri, dapat bersinergi dengan dunia pendidikan terutama pergurunan tinggi transportasi yang berada dibawah pengelolaan Kemenhub," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (16/6/2023).

Dia juga menambahkan, pihaknya siap berbagi ilmu kepada para lulusan sekolah (vokasi) transportasi, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman untuk bisa diterapkan saat berkerja nantinya.

Tidak hanya sebagai operator helikopter, kata Denon, Whitesky Group juga mengelola heliport yaitu Cengkareng Heliport (CHP) yang berada di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Pengunaan heliport ini juga sebagai pendukung aksesibilitas bagi masyarakat yang ingin ke bandara atau ke pusat kota di Jabotabek.

"Dan untuk mengembangkan usaha, kami juga berencana akan membangun Heliport di Bandara Internasional Kalimarau Berau, Kalimantan Timur," jelas dia.

Baca juga: 5 Fakta SMKN 2 Kasihan Tempat Putri Ariani Sekolah Musik

Dengan makin bertambah jaringan ini, dia membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak lagi.

"Karenanya kami harapkan kerja sama dapat mendukung kegiatan bisnis Whitesky Group," tutur dia.

Direktur Marketing dan Pengembangan Bisnis PT Whitesky Aviation, Ari Nurwanda menjelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan beberapa institusi memiliki tujuan, agar link and match antara dunia usaha dan usaha industri yanh saling menguntungkan.

"Kepada PPSDMPU kami bekerja sama dalam rangka mendukung sumber daya manusia di penerbangan khususnya helikopter, dengan menyerap tenaga kerja, membantu pilot untuk terserap dibidangnya setelah lulus dari sekolah penerbangan, dan membantu pilot untuk menambah jam terbang yang akan berpengaruh terhadap jenjang karir pilot di masa depan," ujarnya.

Sedangkan kerja sama dengan BBKFP, kata Ari, dalam rangka kerjasama dukungan personil instruktur, pilot, dan teknisi. Selain itu kerja sama untuk menambahkan jam terbang juga untuk type rating.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, Mendikbud Nadiem Diminta Turun ke Lapangan

Sedangkan kerja sama dengan Bandara Internasional Kalimarau Berau adalah untuk pembangunan heliport di area sisi airport, mengembangkan daerah Berau, mengembangkan infrastruktur airport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com