Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tingkat Keketatan dan Daya Tampung Prodi Soshum Unair Jalur Mandiri

Kompas.com - 15/06/2023, 16:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahun Universitas Airlangga (Unair) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia selalu berhasil meningkatkan ketertarikan para bakal calon mahasiswa baru (camaba).

Prestasi, program, dan fasilitas yang ada membuat para bakal camaba berkeinginan untuk turut bergabung menjadi bagian dari Ksatria Airlangga.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Kasih Beasiswa untuk Putri Ariani ke Kampus Impiannya

Setelah menghimpun camaba melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan golden ticket, Unair juga membuka jalur masuk bagi para putra-putri terbaik bangsa melalui Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA).

Kelompok jurusan Sosial Humaniora (soshum) Unair juga selalu ramai peminat.

Untuk itu bakal calon mahasiswa baru yang ingin masuk Unair melalui jalur mandiri dapat menentukan strategi pemilihan program studi (prodi). Salah satunya dengan mempertimbangkan data keketatan prodi pada tahun sebelumnya.

Keketatan jurusan adalah persentase perbandingan daya tampung dengan jumlah peminat. Semakin kecil persentase, maka semakin tinggi pula peminat dan persaingan diterima di jurusan di tahun tersebut.

Mengutip laman Unair, Kamis (15/6/2023) memberitahukan, ada empat besar prodi Soshum di Unair lewat jalur mandiri di 2022, yakni:

  • Prodi Ilmu Politik (7,52 persen).
  • Prodi Ilmu Komunikasi (10,52 persen).
  • Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan (11,99 persen)
  • Prodi Ilmu Hukum (13,29 persen).

Posisi itu, menyusul oleh prodi Antropologi (13,37 persen), Ilmu Hubungan Internasional (13,76 persen), Psikologi (14,16 persen), dan Bahasa dan Sastra Indonesia (15,23 persen).

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

Pada posisi selanjutnya, yakni prodi Ekonomi Islam (17,09 persen), Manajemen (17,27 persen), Ilmu Sejarah (17,32 persen), dan Ekonomi Pembangunan (19,10 persen).

Sementara, lima posisi paling lengang, yaitu prodi Administrasi Publik (24,29 persen), Bahasa dan Sastra Inggris (26,92 persen), Sosiologi (31,65 persen), Akuntansi (35,71 persen) serta Studi Kejepangan (45,80 persen).

Selain itu, peserta seleksi mandiri yang ingin bergabung menjadi Ksatria Airlangga juga dapat mempertimbangkan daya tampung atau jumlah kursi yang tersedia di setiap prodi yang dapat berubah setiap tahunnya.

Informasi daya tampung untuk jalur mandiri dari setiap prodi kelompok soshum tahun 2023 terdapat di laman resmi Unair.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Dia menambahkan, seleksi mandiri Unair telah membuka pendaftaran sejak 29 Mei 2023 dengan tanggal berakhir yang berbeda-beda sesuai kategori. Jadwal dan mekanisme selengkapnya mengenai seleksi mandiri Unair pada laman www.ppmb.unair.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com