Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Beasiswa PIP? Simak Penjelasan dan Besaran Bantuannya

Kompas.com - 12/06/2023, 12:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia terus melakukan pemerataan pendidikan pendidikan dengan berbagai program, termasuk Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PIP Dikdasmen).

Bagi masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan biaya pendidikan bagi anaknya bisa memanfaatkan beasiswa PIP ini. Lantas apa itu beasiswa PIP? Berapa besaran bantuan yang akan diperoleh dari beasiswa PIP?

Melansir laman Puslapdik Kemendikbud, Senin (12/6/2023) berikut penjelasan mengenai apa itu beasiswa PIP dan besaran bantuan yang akan diterima siswa. Simak informasinya.

Program bantuan PIP Dikdasmen ini punya tujuan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik dalam rangka meningkatkan akses bagi anak usia 6 tahun sampai dengan 21 tahun.

Baca juga: Apa Saja Jurusan di Universitas Terbuka? Ini Informasinya

Para siswa bisa mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 tahun.

Program PIP Dikdasmen juga punya tujuan untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.

 

Penjelasan beasiswa PIP

Serta menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah dan satuan pendidikan non-formal.

Masyarakat dari kalangan perekonomian kurang mampu dan punya anak usia sekolah bisa memanfaatkan PIP Dikdasmen ini.

Melansir laman Puslapdik Kemendikbud Ristek, Senin (12/6/2023) PIP Dikdasmen diberikan berupa bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik usia 6 tahun sampai dengan 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

Sebagai informasi, PIP Dikdasmen ini akan memberikan bantuan uang tunai dengan rincian sebagai berikut:

  • Peserta didik SD/SDLB/Paket A mendapatkan Rp 450.000 per tahun.
  • Khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp 225.000.
  • Peserta didik SMP/SMPLB/Paket B mendapatkan Rp 750.000 per tahun
  • Khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp 375.000
  • Peserta didik SMA/SMK/SMALB/Paket C mendapatkan Rp 1.000.000 per tahun
  • Khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp 500.000.

Baca juga: Tata Cara Pengambilan PIN PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA-SMK

Terdapat dua kategori untuk mendapatkan bantuan PIP yakni:

1. Terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan ditandai Layak PIP dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah.

2. Sekolah menandai status Layak PIP di Dapodik, kemudian Dinas pendidikan dan Pemangku kepentingan mengusulkan kepada Puslapdik berdasarkan data Layak PIP tersebut.

Karena salah satu syarat mendaftar PIP Dikdasmen adalah terdata di DTKS Kementerian Sosial (Kemensos) yang bisa dilakukan dengan cara melalui musyawarah desa/kelurahan atau berkoordinasi dengan dinas sosial setempat. Untuk mendapatkan informasi DTKS dapat mengunjungi laman dtks.kemensos.go.id.

Jika lolos menjadi siswa penerima beasiswa PIP akan mendapat buku tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) Kartu Debit ATM.

Bantuan dari beasiswa PIP ini dimanfaatkan untuk membeli buku dan alat tulis;membeli pakaian seragam sekolah/praktik dan perlengkapan sekolah berupa sepatu, tas, atau sejenisnya. Serta membiayai transportasi peserta didik ke sekolah.

Bantuan beasiswa PIP juga bisa digunakan untuk uang saku peserta didik, biaya kursus/les tambahan bagi peserta didik pendidikan formal, biaya praktik tambahan dan biaya magang/penempatan kerja.

Baca juga: Catat Jadwal PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK di Semua Jalur

Demikian penjelasan mengenai apa itu beasiswa PIP yang perlu diketahui orangtua. Sehingga jika kamu merasa memenuhi kriteria untuk mendaftar beasiswa PIP ini bisa mengurus semua persyartan dan bisa menerima semua benefit yang diberikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com