Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Mandiri Unnes 2023 Jalur Rapor, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 19/05/2023, 11:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes), maka bisa coba jalur masuk yang satu ini.

Yakni Seleksi Mandiri Jalur Rapor jenjang Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D3). Jalur mandiri ini telah dibuka sejak 17 Mei dan akan ditutup pada 23 Juni 2023.

Melansir laman Unnes, Rabu (17/5/2023), SM-Unnes Jalur Rapor tahun akademik 2023/2024 merupakan bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki nilai prestasi akademik.

Tentunya prestasi akademik itu yang tercatat di dalam rapor dan sebagai upaya meningkatkan mutu input mahasiswa baru Unnes.

Baca juga: Ikut SM Unnes Jalur Prestasi 2023? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Bagi yang ingin kuliah di Unnes dan punya nilai prestasi akademik yang bagus, maka bisa ikut di jalur mandiri Unnes 2023 ini.

Persyaratan umum:

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju.
  3. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes.

Persyaratan khusus:

  1. Memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari SMA/MA/SMK/MAK tahun 2023.
  2. Memiliki nilai Rapor mulai semester 1 sampai dengan semester 5 yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

Cara daftar:

1. Membuka laman https://unnes.ac.id/admission/;

2. Mengisi biodata;

3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk mendapat nomor virtual account (VA) yang digunakan sebagai kode pembayaran pendaftaran SM-UNNES 2023;

4. Memilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah;

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

5. Dengan menggunakan kode Virtual Account (VA), calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BNI atau Bank BTN channel teller, ATM, internet banking di seluruh Indonesia;

6. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan dan mengunggah pindai (scan) nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan Prestasi;

7. Calon peserta mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) ijazah atau surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh;

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com