Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat Resmi Diluncurkan, Ini 25 PTN yang Bergabung

Kompas.com - 05/05/2023, 18:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN Barat) meluncurkan secara resmi program SMM PTN Barat 2023 pada Jumat, 5 Mei 2023 di Hotel Atlet Century, Jakarta.

Sebanyak 25 PTN, baik di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) bergabung dalam pelaksanaan seleksi jalur mandiri PTN Wilayah Barat ini.

Kegiatan peluncuran SMM PTN Barat 2023 dihadiri Dirjen Dikti, Prof. Nizam, sekaligus memberikan arahan tentang pelaksanaan seleksi tahun ini.

Arahan sekaligus memberikan dukungan proses SMM PTN-Barat ini memiliki kualitas yang setara dengan model seleksi calon mahasiswa baru pada 2023, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

"Tujuan pembentukan seleksi mandiri bersama ini adalah membangun model seleksi yang berkualitas, sehingga terbentuk sistem dan mekanisme seleksi yang profesional, terjamin, terukur, dan efesien," jelas Ketua BKS SMM PTN Barat, Prof. Muryanto, yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU).

Pelaksanaan SMM PTN Barat sendiri telah berlangsung sejak 2017 dan terjadi dinamika setiap tahunnya terkait kepersertaan PTN di dalamnya. Pada tahun ini Seleksi Mandiri ini tergabung 25 PTN, sama seperti pada tahun sebelumnya.

Ke-25 PTN itu tersebar di Pulau Jawa Bagian Barat, Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan Bagian Barat. Pada tahun lalu total pendaftar di lokasi ujian mencapai 39.656 calon mahasiswa, di tahun ini panitia menargetkan akan ada peningkatan 30–50 persen dibandingkan pada tahun 2022.

Lebih lanjut, ketua SMM PTN-Barat 2023, Prof. Marwan menyampaikan, keberadaan dan pelaksanaan SMM PTN-Barat 2023 menjadi opsi kepada calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada dua seleksi nasional sebelumnya.

Prof Marwan yang juga Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) ini menyebutkan bahwa di dalam SMM PTN Barat 2023 ini para calon mahasiswa memiliki dua pilihan prodi dari perguruan tinggi negeri yang tergabung.

Prof. Marwan juga menjelaskan, tempat seleksi bisa dipilih sesuai keterjangkauan calon mahasiswa.

Baca juga: 8 Jurusan Kedokteran Termurah Jalur Mandiri 2023

“Contohnya, jika sang calon mahasiswa memilih salah satu prodi di Untirta, padahal ia berada di Aceh, ia bisa mendaftar di PTN terdekat di Aceh, sehingga lebih efesien dan tidak mengeluarkan biaya lebih hanya untuk pendaftaran." jelasnya.

Link tautan pendaftaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com