Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur UTBK SNBT 2023, Unimed Akan Terima 4.525 Mahasiswa

Kompas.com - 28/04/2023, 15:28 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 21.847 siswa memilih Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam pendaftaran Ujian Tes Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023.

Pendaftaran UTBK SNBT 2023 telah berakhir pada Jumat, 14 April 2023, pada pukul 15.00 WIB melalui website SNPMB.

Baca juga: Nadiem Ingin Dobrak Sistem agar Lulusan Kampus Terserap di Dunia Kerja

Nantinya, semua peserta yang mendaftar akan mengikuti UTBK dalam dua gelombang, yaitu gelombang I pada 8-14 Mei 2023. Sedangkan gelombang II digelar pada 22-28 Mei 2023.

Rektor Unimed, Prof. Syamsul Gultom berpesan agar semua peserta UTBK-SNBT 2023 memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar dan selalu menjaga kesehatan.

"Dari 21.847 peserta, nantinya akan merebutkan kouta 4.525 kursi mahasiswa baru saat ajang UTBK SNBT 2023," ucap dia mengutip laman Unimed, Jumat (28/4/2023).

Dia menyebut, ada perbedaan jenis tes UTBK tahun lalu dengan tahun ini, yaitu menggunakan TPS atau tes potensi skolastik.

Adapun yang diukur, yaitu kemampuan kognitif, kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.

"Ini perlu karena kelulusan itu ditentukan oleh hasil tes. Kalau jalur SNBP masih ada faktor indeks dan akreditasi sekolah. Namun, di jalur ini murni berdasarkan hasil tes peserta," jelas dia.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia, UI Nomor 1

Untuk menampung seluruh peserta UTBK-SNBT 2023 tersebut, Unimed telah menyiapkan ruang ujian di Unimed dan beberapa sekolah Mitra sebagai lokasi UTBK SNBT, yakni MAN 1 Medan, Program Pascasarjana UMSU, SMK Swasta Al-Fatah Medan, SMK Swasta Teladan Medan, dan SMK Tritech Informatika.

Lalu ada Universitas Medan Area, Universitas Panca Budi Medan, Universitas Potensi Utama, SMA Negeri 7 Medan, SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, MAN 2 Medan, Universitas Dharmawangsa Medan, SMK Ar-Rahman, dan SMK Telkom 2 (Sandhy Putra 2) Medan.

Selain mempersiapkan lokasi ujian, perangkat komputer dan sarana pendukung, Pusat UTBK Unimed juga tengah menyiapkan personel pengawas UTBK dan personil yang membidangi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Sesuai aturan, maka setiap 20 peserta akan diawasi oleh satu pengawas ujian," ungkap dia.

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia, UPI Nomor 1

Dia menambahkan, bagi peserta yang mungkin memiliki kebutuhan khusus atau berstatus difabel, maka bisa menghubungi Pusat UTBK Unimed.

"Untuk peserta dengan kebutuhan khusus atau difabel akan kami fasilitasi dengan penempatan di ruang ujian yang sesuai dengan kebutuhannya. Panitia akan berusaha melayani sebaik-baiknya," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com