Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa I3L Lolos Program Magang Vienna BioCenter Austria

Kompas.com - 08/03/2023, 18:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Daniel Nelson, mahasiswa Program Studi Bioinformatika Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menjadi salah satu mahasiswa yang lolos mengikuti program Summer School yang diselenggarakan oleh Vienna BioCenter, Austria.

Daniel mendapatkan kesempatan magang di salah satu departement Bioinformatika Lab von Haeseler (Max Perutz). Kegiatan akan dilakukan selama sembilan minggu, yakni dari 1 Juli hingga 31 Augustus 2023.

Ia menjelaskan dalam tahapan mengikuti program tersebut dimulai dari seleksi berkas dengan melampirkan transkrip nilai, pengalaman riset, dan motivation letter. Seleksi yang kedua yaitu seleksi wawancara.

“Harapannya, semoga program ini terus berlanjut dan teman-teman bisa termotivasi untuk mengikuti program internship lainnya," ungkap Daniel melalui rilis resmi (8/3/2023).

Daniel menyampaikan, ada banyak manfaat yang didapatkan ketika mengikuti internship, di antaranya bisa mendapatkan pembelajaran baru di bidang bioinformatika, memperluas relasi, membangun mindset global, serta mendapatkan banyak pengalaman baru mengasyikkan dan menarik.

"Dengan kegiatan ini semoga juga menjadi bekal saya untuk bisa lebih berkontribusi dan bermanfaat lagi saat pulang ke Indonesia,” harap Daniel.

Kepala Prodi Bioinformatika i3L David Agustriawan mengungkapkan rasa bangga kepada Daniel karena dapat mengharumkan nama i3L.

"Jadi Daniel dapat mewujudkan salah satu mimpi dirinya yaitu menggali ilmu dalam konsep yang lebih luas dan tidak terbatas secara nasional saja," ujarnya.

David Agustriawan mengatakan dengan adanya program summer school ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman atau paparan internasional (international exposure). 

Baca juga: Siswa MAN IC Lampung Timur Ini Gapai Beasiswa di 2 Kampus Luar Negeri

"Diharapkan Daniel terbiasa dengan cara kerja di level internasional, dan dengan pengalaman tersebut bisa memudahkan jalan danil untuk kedepannkesempatan kepada mahasiswa beraktivitas di luar kampus di luar negeri," tutup David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com