Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39.842 Pendaftar SNBP 2023 Pilih UB, Ini 10 Prodi Peminat Terbanyak

Kompas.com - 08/03/2023, 18:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 39.842 pendaftar memilih Universitas Brawijaya pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UB, Prof. Imam Santoso mengaku, jumlah itu akan bersaing memperebutkan 5497 kursi yang disediakan pada jalur SNBP 2023.

Baca juga: PPPK Guru 2022 Diumumkan, Cek Namamu di Link SSCASN dan Kemendikbud

"Sebanyak 39.842 terdiri dari 26.814 (67,3 persen) menempatkan UB di pilihan pertama dan sebanyak 13.028 (32,7 persen) memilih UB pada pilihan kedua," kata dia mengutip laman UB, Rabu (8/3/2023).

Imam mengatakan, untuk lima prodi saintek yang paling diminati adalah pendidikan dokter, teknik informatika, ilmu keperawatan, farmasi, dan Ilmu gizi.

Sementara untuk lima prodi sosial humaniora dengan peminat terbanyak adalah psikologi, akuntansi, manajemen, ilmu hukum, dan komunikasi.

Dia mengatakan, jumlah peminat UB dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya karena semakin banyaknya prodi yang sudah terakreditasi internasional.

"Di UB sudah ada sekitar 60-70 prodi terakreditasi internasional sehingga ini menjadi modal kuat dari sisi kinerja. Selain itu, lokasi UB sangat strategis didukung dengan harga kebutuhan pokok yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa," kata dia.

Untuk kuota masing-masing jalur yang ditentukan UB, yaitu SNBP sebanyak 30 persen, SNBT sebanyak 30 persen, dan Mandiri 40 sebanyak persen.

Sesuai dengan peraturan, sebut dia, apabila kuota yang diterima pada jalur prestasi tidak terpenuhi, maka akan ditambahkan pada SNBT.

Baca juga: Kisah Ahmed, Wisudawan Asal Gaza yang Lulus S1 Kedokteran di Unair

"Begitu pula jika kuota SNBT tidak terpenuhi maka akan ditambahkan pada jalur mandiri. Meskipun begitu untuk kuota jalur Mandiri tidak boleh lebih dari 50 persen," ucapnya.

Menanggapi peminat prodi psikologi yang meningkat, Kepala Departemen Psikologi Ali Mashuri buka suara.

Dia menjelaskan ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu dari segi keilmuan dan prospek kerja.

Baca juga: Suka Beli Pakaian Bekas, Dosen UM Surabaya: Ini 4 Bahayanya

"Dari segi ilmu, psikologi mempelajari perilaku manusia yang merupakan aktor utama dalami peradana. Psikologi bisa mempelajari emosi dan perilaku manusia. Dari segi prospek kerja, bidang psikologi sangat relevan dengan berbagai bidang pekerjaan mulai dari industri hingga pemerintah," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com