Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S2-S3 Luar Negeri Tanpa Syarat Batas Usia, Tertarik Daftar?

Kompas.com - 08/03/2023, 15:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa tanpa syarat batas usia menjadi salah satu kesempatan bagi mahasiswa jenjang Magister maupun Doktoral untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Meski tanpa syarat batas usia, sama seperti persyaratan beasiswa luar negeri lainnya tentu ada syarat administratif lainnya yang harus dipenuhi.

Melansir dari laman kursus bahasa Inggris khusus study aboard Titik Nol English, Rabu (8/3/2023) membagikan informasi mengenai beberapa program beasiswa S2 dan S2 tanpa syarat batas usia.

Tanpa batas usia ini akan memperlebar peluang bagi lulusan S1 yang sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 atau S3 di luar negeri.

Baca juga: Cerita Haekal, Kuliah S2 Filologi UI Satu Angkatan Hanya 6 Orang

Beasiswa tanpa syarat batas usia

1. Beasiswa Gates Cambridge

Beasiswa Gates Cambridge untuk pendidikan S2 dan S3 ini tidak mensyaratkan usia bagi mahasiswa yang akan mendaftar.

Beasiswa Gates Cambridge ini hanya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang terdaftar di University of Cambridge.

Beasiswa Gates Cambridge tidak hanya memberikan biaya kuliah penuh tapi juga sejumlah benefit termasuk uang saku yang besar bagi penerima beasiswa ini. Tiap tahunnya beasiswa Gates Cambridge hanya akan menerima 80 peserta dari seluruh dunia.

Cakupan beasiswa Gates Cambridge meliputi tiket pesawat PP Inggris Indonesia, visa pelajar, biaya pengembangan akademik sebesar 2.000 Poundsterling atau berkisar Rp 30 juta, biaya hidup sebesar 19.000 Poundsterling atau sekitar Rp 300 juta.

Penerima beasiswa yang sudah berkeluarga dan memiliki anak juga akan mendapat tunjangan sebesar 15.000 Poundsterling atau sekitar Rp 200 juta dan masih banyak tunjangan lainnya.

2. Beasiswa Fulbright Scholarship

Beasiswa kuliah penuh ke luar negeri tanpa syarat batas usia adalah beasiswa Fulbright scholarship. 

Beberapa syarat untuk mendaftar beasiswa ini seperti sertifikat IELTS dengan skor minimal 6.5, surat rekomendasi dan juga beberapa berkas lain yang harus diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Cakupan untuk beasiswa ini meliputi Visa, tiket pesawat PP asal penerima – Amerika Serikat (kelas ekonomi), biaya pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Baca juga: 4 Negara Paling Ramah bagi Mahasiswa dan Rekomendasi Beasiswa S1-S3

3. Chevening Scholarship

Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Inggris bagi pelajar internasional ini juga tidak memiliki syarat batas usia. Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk melanjutkan studi S1 dan juga S2 di Inggris.

Beasiswa Chevening akan mendanai secara penuh biaya kuliahmu. Meskipun beasiswa ini tanpa syarat batasan usia akan tetapi untuk pelamarnya harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu selama kurang lebih 2 tahun atau 2.800 jam kerja.

Syarat mendaftar beasiswa Chevening mulai dari sertifikat IELTS dengan skor minimal 6.5 hingga LoA Conditional. Para penerima beasiswa ini juga diwajibkan untuk kembali ke negara asal ketika telah menyelesaikan pendidikannya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com