Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LLDIKTI Wilayah IV: 3 Daerah Ini Berkontribusi untuk Pendidikan

Kompas.com - 17/02/2023, 09:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten, M. Samsuri mengatakan, ada tiga kabupaten atau kota di Jawa Barat-Banten yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap kebijakan pendidikan.

Ketiganya adalah Kabupaten Indramayu, Kota Cilegon, dan Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: 11 Jurusan Undip Punya Daya Tampung Besar di SNBP 2023

Samsuri mengaku, makanya ketiga daerah itu diberikan penghargaan yang sudah berkontribusi banyak pada pendidikan. Sebab, lembaga pendidikan, pemerintahan, dunia usaha dan industri perlu bersinergi.

"Sebab, kita memiliki orientasi terhadap pendidikan berkualitas, baru kemudian bicara kuantitas dan angka partisipasi," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (17/2/2023).

Atas dasar itu, sebut dia, LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten itu juga dilakukan penandatangan nota perjanjian kerjasama dengan dengan sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat-Banten.

"Kami mengundang para kepala daerah di Jawa Barat-Banten. Karena itu, ada 16 kabupaten/kota yang melakukan penandatanganan nota kerjasama dengan LLDIKTI," jelas dia.

Menurut Samsuri, di wilayah Jawa Barat dan Banten terdapat 445 Perguruan Tinggi Swasta (PTS,) dengan 7 di antaranya memiliki akreditasi unggul.

Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ada 13, dengan 6 diantaranya berakreditasi unggul.

"Pada kurikulum pendidikan, akan ada 3 semester belajar diluar kampus yakni di pemerintahan, dunia usaha dan industri. Jika bersinergi, maka momentum ini bisa kita gunakan dengan sebaik-baiknya," jelas dia.

Dia berharap agar para kepala daerah yang memiliki program pendidikan tinggi, seperti beasiswa atau lainnya bisa melakukan koordinasi dengan LLDIKTI.

"Kita akan sinkronkan dengan program yang ada di kementerian, sehingga bisa seimbang," ucap dia.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerangkan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Cilegon.

Selain membangun infratsruktur sekolah ditingkat dasar dan menengah, Pemkot Cilegon juga menggulirkan program beasiswa full sarjana.

"Dalam rangka mempersiapkan generasi emas, infratsruktur dan fasilitas kita bangun," ucap dia.

Baca juga: Mendikbud Ambil Langkah Soal Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno

Dia juga sedang menyiapkan beasiswa untuk 5.000 orang selama 5 tahun atau setidak-tidaknya 1.000 orang per tahun.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com