Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pengisian PDSS 2023 dan Jadwal Pendaftaran SNBP

Kompas.com - 11/01/2023, 11:45 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Proses penerimaan mahasiswa baru untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah dimulai. Jalur pertama yang dibuka ialah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Adapun SNBP 2023 hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 dan dinyatakan eligible. Dulu sebutannya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Nantinya, siswa eligible yang ingin ikut SNBP 2023 juga harus mempunyai akun SNPMB. Akun ini untuk mendaftar di SNBP 2023.

Sedangkan dalam proses SNBP 2023, siswa dan sekolah punya peran dalam satu tahapan. Yaitu pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau disebut PDSS.

Baca juga: PDSS 2023, Simak Penjelasan hingga Jadwal Pengisian di SNBP

Dilansir dari laman SNPMB BPPP, PDSS itu menjadi salah satu syarat dalam keikutsertaan sekolah untuk mendaftarkan siswanya masuk PTN.

Bagi sekolah, maka harus paham tahapan pengisian PDSS. Pengisian PDSS ialah 9 Januari - 9 Februari 2023.

Cara pengisian PDSS 2023

1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.

2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.

3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data.

Baca juga: Peserta SNPMB 2023 Diikuti 137 PTN Akademik, Vokasi dan PTKIN

6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.

Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.

8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com