Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan SNBP dan SNMPTN untuk Seleksi Masuk PTN 2023

Kompas.com - 09/01/2023, 12:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa apakah sudah paham perbedaan SNBP dan SNMPTN? Meski hanya berganti nama, tetapi ada sedikit perbedaan di antara keduanya.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Dari Permendikbud itu telah mengganti istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Sementara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Untuk jalur mandiri kini disebut dengan Seleksi Secara Mandiri oleh PTN.

Baca juga: PDSS 2023, Simak Penjelasan hingga Jadwal Pengisian di SNBP

Jadi, mulai 2023 ini tidak ada lagi SNMPTN tetapi menjadi SNBP 2023. Dan SBMPTN menjadi SNBT 2023.

Perbedaan SNBP dan SNMPTN

Untuk jalur SNMPTN 2022 dahulu, tahapannya sudah dimulai sejak awal tahun. Jadi, siswa kelas 12 SMA/SMK/sederajat bisa mulai melakukan persiapan jika ingin masuk PTN.

Jadi, yang ingin ikut SNBP 2023 juga harus bersiap diri mulai dari sekarang. Apalagi yang masuk ke dalam siswa eligible. Sebab, prosesnya masih sama yakni jalur ini (SNBP dan SNMPTN) sama-sama jalur prestasi.

Namun sebelumnya, siswa atau calon mahasiswa harus tahu perbedaan SNBP dan SNMPTN. Ini informasi yang dirangkum Kompas.com.

1. Pengelola

Adapun perbedaan SNBP dan SNMPTN yang pertama ialah tim pengelola seleksinya. Dulu SNMPTN dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tetapi kini SNBP 2023 dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) di bawah Kemendikbud Ristek.

Sedangkan sistemnya ialah Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Untuk portalnya ialah https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Untuk pengumuman SNBP 2023, diperkirakan bakal tetap dilaksakanakan sebelum SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Baca juga: Jam Berapa Siswa Registrasi Akun SNPMB buat SNBP 2023?

Hal ini merujuk pada Permendikbud Ristek yang sama seperti yang telah disebutkan di atas, pelaksanaan tes adalah pada semester genap sebelum pengumuman kelulusan sekolah atau setelahnya.

2. Bisa lintas jurusan

Dulu pada saat SNMPTN, pemilihan jurusan kuliah berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Yakni Soshum boleh mendaftar jurusan Soshum.

Tetapi kini di SNBP 2023, siswa boleh lintas jurusan. Ini harus sesuai minat dan bakatnya selama memenuhi komponen penilaian dan pembobotan yang ditentukan masing-masing prodi PTN.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com