Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sekolah Terbaik di Jakarta Selatan dan Profil Singkatnya

Kompas.com - 06/01/2023, 10:33 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ). Di dalam daftar tersebut terdapat 45 SMA/SMK/MA terbaik di Jakarta Selatan.

Peringkat pertama sekolah terbaik di Jakarta Selatan ditempati oleh SMAN 8 Jakarta dengan nilai UTBK 2022 sebesar 635,347. Sedangkan di nasional, posisi SMA Ini berada pada peringkat 5.

Mengetahui sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK dapat membantu orangtua maupun siswa dalam mempertimbangkan sekolah terbaik untuk melanjutkan pendidikan menengah atas. Tentu dengan melakukan pertimbangan lainnya, seperti jarak tempuh hingga biaya sekolah.

Baca juga: Ini 20 Sekolah Terbaik di Jakarta Berdasarkan Nilai Rerata UTBK 2022

Untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang ketiga sekolah terbaik di Jakarta Selatan tersebut, berikut profil singkatnya dirangkum Kompas.com rangkum dari laman masing-masing sekolah.

3 Sekolah terbaik di Jakarta Selatan

1. SMAN 8 Jakarta

Sekolah yang berhasil meraih peringkat pertama di Jakarta Selatan ini didirikan pada 1 Agustus 1958.

Sekolah ini berlokasi di Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel). Saat ini Kepala SMAN 8 Jakarta dijabat oleh Mukhlis.

Adapun visi SMAN 8 Jakarta yakni mewujudkan lulusan yang berkualitas tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis yang bertaraf internasional.

Baca juga: 10 Sekolah Terbaik di Depok dan Bekasi Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Kurikulum yang diterapkan oleh sekolah yakni kurikulum 2013, dengan struktur kurikulum berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014.

Sejak 2019, SMAN 8 Jakarta memperkuat teknologi informasi (TI) untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Sistem tersebut terdiri dari Computer Based Test (CBT-8) dan Learning Management System "E-Delapan".

CBT-8 dikhususkan untuk pelaksanaan tes sumatif, sedangkan E-delapan dikhususkan untuk pembelajaran dan tes formatif. Pada 2022, pembelajaran di SMAN 8 Jakarta tetap memanfaatkan metode blended learning, yaitu pembelajaran tatap muka (pembelajaran sinkronus) dipadu dengan pembelajaran daring (asinkronus).

Sekolah yang mengusung semboyan "Cerdas, Tangguh, Peduli" ini menyediakan banyak fasilitas yang mendukung pembelajaran seperti ruang laboratorium biologi, ruang laboratorium fisika, studio band, ruang perpustakaan, ruang musik, ruang UKS, kantin besar dan kecil, Masjid Darul Irfan, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 3 Sekolah Terbaik di Tangerang dan Tangerang Selatan serta Profilnya

2. SMA Labschool Kebayoran

SMA peringkat kedua di Jakarta Selatan ini memegang semboyan "Intellectual virtues - Noble Characters Integrity, Creativity and Inspiration".

SMA ini beralamat di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saat ini SMA Labschool Kebayoran dinahkodai oleh Risang Danardhana L yang membuat berbagai kegiatan siswa guna meningkatkan prestasi akademik dan keterampilan anak didik.

Beberapa program yang diterapkan oleh sekolah guna mendukung prestasi yakni:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com