Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat dan Profil Singkatnya

Kompas.com - 03/01/2023, 13:57 WIB
Angela Siallagan,
Albertus Adit

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Di dalam daftar tersebut terdapat 12 SMA/SMK/MA terbaik di Jakarta Pusat.

Peringkat pertama sekolah terbaik di Jakarta Pusat ditempati oleh SMAS Kanisius Jakarta dengan nilai UTBK 2022 sebesar 632,269. Sedangkan di nasional, posisi SMA Ini berada pada peringkat 7.

Peringkat kedua diraih oleh SMAN 68 Jakarta dengan nilai UTBK 2022 sebesar 629,223. Ditingkat nasional, SMA ini menduduki peringkat ke-10.

Di peringkat ketiga diraih oleh SMAS Santa Ursula dengan nilai UTBK 2022 sebesar 609, 237. Adapun di posisi nasional, SMA ini berada di peringkat 30.

Baca juga: SBMPTN Diganti dengan SNBT, Ini Ketentuan hingga Syarat Peserta

Untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang ketiga sekolah terbaik di Jakarta Pusat tersebut, berikut profil singkatnya dirangkum Kompas.com dari laman masing-masing sekolah.

3 sekolah terbaik di Jakarta Pusat

1. SMAS Kanisius Jakarta

SMA terbaik pertama di Jakarta Pusat yakni SMAS Kanisius Jakarta, yang memiliki moto "A home Where Servant Leaders are Formed".

Lembaga pendidikan yang dijalankan oleh pastor dari Ordo Jesuit ini berupaya menjalankan pendidikan sebagai wadah untuk bertumbuh dan berkembangnya kaum muda sebagai calon pemimpin masa depan yang cerdas dan beriman.

SMA yang berlokasi di Jalan Menteng Raya 64, Jakarta ini memiliki semboyan "Ad Maiorem Dei Gloriam", yang artinya "Untuk Kemuliaan Nama Tuhan".

Baca juga: BNI Buka 7 Lowongan Magang Mahasiswa D3, D4, dan S1

Dengan penyusunan kurikulum yang jelas, pendidikan yang bernaung di bawah pembinaan para pastor Ordo Jesuit dengan memberikan dasar yang kokoh bagi peserta didik untuk membuka diri terhadap perubahan dan terus belajar (life long learners).

Peserta didik dibimbing untuk disiplin dalam menimba ilmu agar menjadi generasi muda Indonesia yang cerdas dan memiliki kerohanian yang mendalam.

Saat ini SMAS Kanisius Jakarta dinahkodai oleh Pastor Eduard C. Ratu Dopo, SJ.

Guna mencetak generasi muda yang cerdas, pejabat di SMAS Kanisius Jakarta memperhatikan kelengkapan fasilitas terbaik.

Baca juga: Hasil Seleksi Kampus Mengajar 5 Diumumkan, Ini Cara Pilih Sekolah Penugasan

2. SMAN 68 Jakarta

SMA Negeri 68 berhasil meraih peringkat kedua sebagai sekolah terbaik di Jakarta Pusat. SMA ini dipimpin oleh Yunidar. M.Pd, yang berlokasi di Jalan Salemba Raya nomor 18, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com