Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sekolah Terbaik di Jakarta dan Profil Singkatnya

Kompas.com - 31/12/2022, 12:17 WIB
Angela Siallagan,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ). Di dalam daftar tersebut terdapat 131 SMA/SMK/MA terbaik di Jakarta.

Peringkat pertama sekolah terbaik di Jakarta ditempati oleh SMAN 8 Jakarta dengan rata-rata nilai UTBK 2022 mencapai 635,347. Sedangkan di nasional, posisi SMA Ini berada pada peringkat 5.

Baca juga: Unesa Peroleh Rekomendasi Dirikan Fakultas Kedokteran

Peringkat kedua diraih oleh SMA Labschool Kebayoran dengan nilai UTBK 2022 sebesar 634,304. Ditingkat nasional, SMA ini menduduki peringkat ke 6.

Di peringkat ketiga diraih oleh SMAS Kanisius Jakarta dengan nilai UTBK 2022 sebesar 632,269. Adapun di posisi nasional, SMA ini berada di peringkat 7 nasional.

Untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang ketiga sekolah terbaik di Jakarta, berikut profil singkatnya dirangkum Kompas.com rangkum dari laman masing-masing sekolah.

3 Sekolah terbaik di Jakarta

1. SMAN 8 Jakarta

Sekolah yang berhasil meraih peringkat pertama di DKI Jakarta ini didirikan pada 1 Agustus 1958.

Sekolah ini berlokasi di Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel).

Saat ini Kepala SMAN 8 Jakarta dijabat oleh Mukhlis.

Adapun visi SMAN 8 Jakarta, yakni mewujudkan lulusan yang berkualitas tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis yang bertaraf internasional.

Baca juga: Tanpa Dimarahi, Ini 7 Cara Atasi Siswa yang Sulit Diatur

Kurikulum yang diterapkan oleh sekolah yakni kurikulum 2013, dengan struktur kurikulum berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014.

Sejak 2019, SMAN 8 Jakarta memperkuat teknologi informasi (TI) untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Sistem tersebut terdiri dari Computer Based Test (CBT-8) dan Learning Management System "E-Delapan".

CBT-8 dikhususkan untuk pelaksanaan tes sumatif, sedangkan E-delapan dikhususkan untuk pembelajaran dan tes formatif.

Pada 2022, pembelajaran di SMAN 8 Jakarta tetap memanfaatkan metode blended learning, yaitu pembelajaran tatap muka (pembelajaran sinkronus) dipadu dengan pembelajaran daring (asinkronus).

Sekolah yang mengusung semboyan "Cerdas, Tangguh, Peduli" ini menyediakan banyak fasilitas yang mendukung pembelajaran seperti ruang laboraturium biologi, ruang laboraturium fisika, studio band, ruang perpustakaan, ruang musik, ruang UKS, kantin besar dan kecil, Masjid Darul Irfan, dan masih banyak lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com