Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Punya IPK Tinggi dan Cumlaude, Mahasiswa Cek

Kompas.com - 17/12/2022, 10:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Punya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Cumlaude bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi mahasiswa.

Sebelum mengetahui apa saja keuntungan punya IPK tinggi dan Cumlaude, ketahui dulu arti nilai IPK bagi mahasiswa. IPK merupakan nilai rata-rata dari seluruh mata kuliah yang ditempuh selama kuliah.

Salah satu syarat kamu bisa meraih predikat Cumlaude (dengan Pujian) adalah punya nilai IPK 3,51 hingga 4,00. Predikat Cumlaude bisa diperoleh mahasiswa yang lulus minimal 3,5 tahun dan harus tepat waktu. 

Nilai IPK ini juga setiap semesternya berubah, karena nilai tersebut dihitung berdasarkan nilai yang didapat di tiap semester. 

Namun apakah IPK tinggi akan menjamin bisa dapat pekerjaan bagus? Meski IPK tinggi tidak menjamin, namun punya IPK tinggi punya beberapa keuntungan lho.

Baca juga: Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate Bukan dari Universitas Ternama

Keuntungan punya IPK tinggi dan cumlaude

Melansir dari laman STIE Pemuda Surabaya, Sabtu (17/11/2022) memaparkan sejumlah keuntungan punya IPK tinggi dan cumlaude bagi mahasiswa. Berikut keuntungan punya IPK tinggi dan cumalaude:

1. Memiliki peluang tinggi melanjutkan pendidikan tinggi

Ketika mendapatkan predikat Cumlaude, kamu juga berpeluang besar melanjutkan ke pendidikan tinggi. Mahasiswa dengan predikat Cumlaude biasanya akan mendapatkan prioritas untuk bisa langsung masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

2. Memiliki peluang mendapatkan beasiswa

Jika kamu berhasil meraih nilai IPK tinggi, akan memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa.

Misalnya saja ingin lanjut kuliah S2, dengan IPK tinggi bisa dapat kesempatan meraih beasiswa untuk melanjutkan studi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja atau program fast track.

Baca juga: 12 Beasiswa S2 yang Masih Sedikit Pendaftar, Mau Coba?

3. Kesempatan terbuka untuk menjadi asisten dosen

Mahasiswa dengan predikat Cumlaude ini akan mendapatkan kesempatan menjadi seorang asisten dosen. Ilmu yang kamu dapatkan ini sangat membuka peluang untuk jadi Asisten dosen.

4. Diperhitungkan saat masuk dunia kerja

Beberapa instansi besar ternyata juga mengincar para lulusan terbaik ini. Namun saat proses rekrutmen tidak hanya diseleksi dari nilai IPK saja lho. Namun juga dinilai dengan softskill yang kamu miliki.

Demikian informasi mengenai keuntungan punya nilai IPK tinggi dan Cumlaude yang bisa diperoleh mahasiswa. 

Baca juga: Anugerah Diktiristek 2022: 9 Kampus Raih Anugerah Prioritas Nasional

Untuk mendapatkan IPK tinggi tentunya tidak bisa diraih dengan instan. Mahasiswa perlu belajar, rajin mengerjakan tugas dan rajin mengikuti perkuliahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com