Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat CV bagi Fresh Graduate yang Minim Pengalaman Kerja

Kompas.com - 30/11/2022, 10:27 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber LinkedIn


KOMPAS.com - Memasuki dunia kerja bisa menjadi hal yang menantang. Terutama bagi fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, bahkan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Sedikitnya pengalaman kerja, kerap membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume menjadi kurang menarik bahkan terlalu singkat.

Baca juga: 6 Anjuran dan Larangan dalam Membuat CV, Fresh Graduate Simak

Seorang pelatih karier dan salah satu pendiri Early Stage Careers Lesley Mitler, melansir dari platform pencarian kerja LinkedIn pada Selasa (29/11/22) mengatakan, menulis CV memang merupakan hal yang sulit, bahkan untuk orang dengan pengalaman kerja puluhan tahun sekali pun.

Namun, kata dia, sangat memungkinkan bagi seseorang untuk memiliki CV yang menarik meski belum memiliki banyak pengalaman kerja.

Melansir dari platform pencarian kerja LinkedIn, ada 4 komponen CV yang bisa disusun oleh fresh graduate agar CV atau resume menjadi lebih menarik meski minim pengalaman  kerja.

Cara menyiasati kurangnya pengalaman kerja

Pertanyaan awal yang kerap ditanyakan oleh para fresh graduate saat menulis CV adalah "bagaimana saya menjelaskan kurangnya pengalaman kerja?"

Lesley mengatakan, kamu dapat mengatasi ini dengan dua cara, yaitu memiliki keterampilan sesuai bidang yang dilamar, dan kedua meningkatkan penekanan pada pengalamanmu.

Peningkatan keterampilan dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kompetensi yang relevan untuk melakukan suatu pekerjaan. Seperti ikut pelatihan untuk memiliki sertifikasi tambahan atau melakukan magang selama atau setelah kuliah.

Baca juga: 5 Website Belajar IELTS Gratis, Siswa dan Mahasiswa Catat Link-nya

“Sertifikasi akan memberi pemberi kerja gambaran tentang tingkat pengetahuan Anda di bidang tertentu. [Dan magang] akan memberi Anda pengalaman bisnis yang Anda butuhkan untuk posisi penuh waktu,” ungkap Lesley.

Sementara itu, pelatih karier dan penulis CV Matt Warzel menambahkan, fresh graduate dapat menekankan tentang pendidikan atau kegiatan yang dilakukan selama kuliah.

“Selalu utamakan pendidikan jika itu adalah [resume] awal karier karena sebagian waktu dihabiskan untuk kuliah dan itu bisa menjadi senjata,” kata Matt.

Matt juga mengatakan bahwa para fresh-graduate harus realistis tentang tujuan karier. Bersikaplah terbuka tentang peluang apa yang ada di depan mata yang mungkin layak dilakukan.

Format CV

CV harus menarik secara visual dan ringkas.

Lesley mengatakan tidak ada aturan tentang jumlah halaman, tetapi sebagian besar CV fresh graduate tidak perlu panjang.

“Jika memiliki tiga halaman, sebaiknya ada beberapa juice [yang penting atau menarik] di halaman tiga… Mungkin mereka memulai dengan semacam bisnis keluarga atau berhasil melakukan banyak magang,” ujar Lesley.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com