Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Tegaskan Komitmen Lingkungan lewat "Project Independent Green Campus"

Kompas.com - 16/11/2022, 13:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (LP3M UNJ) melalui Pusat PKL melaksanakan Project Independent Green Campus sebagai bagian dari delapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam proyek ini UNJ berkolaborasi dengan Gentra Waste Management (Pusat Unggulan Iptek Teknologi Pengolahan Sampah LPPM UNJ), Kelompok Muda Peneliti UNJ (KPM UNJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), fakultas dan prodi se-UNJ.

Proyek mandiri ini nantinya dilaksanakan di Semester 118 untuk diikuti 20 mahasiswa untuk tahap awal.

Sebagai informasi, green campus merupakan gambaran "kampus hijau" yang menerapkan efisiensi energi rendah emisi, konservasi sumber daya dan meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dari sampah.

Salah satunya, green campus ini dilakukan dengan mendidik warganya untuk menjalankan pola hidup sehat dan menciptakan lingkungan belajar kondusif secara bekelanjutan.

Dalam sesi acara, penyampaian materi diawali oleh Prof. Budiaman yang menyampaikan materi mengenai “Green Campus berbasis Pendidikan Lingkungan”.

Selanjutnya materi kedua dan ketiga narasumber berasal dari Gentra Waste Management yang menyampaikan materi mengenai “Implementasi Program Zero Waste Campus” oleh Syamsul Abbas Ras dan materi “Waste Management Campus Ramah Lingkungan” oleh Daswir Lelo.

Oot Hotimah, dosen Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNJ menjadi moderator dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan pernyataan komitmen oleh Ketua KPM, Ketua BEM UNJ, BEM Fakultas dan Program Studi dilingkungan UNJ untuk mewujudkan Zero Waste di lingkungan kampus UNJ pada tahun 2023.

Baca juga: ITB Terapkan Konsep Green Campus, Lahan Hijau 82 Persen

Ketua BEM UNJ Ahmad Syauqi Baihaqi pada kesempatan acara mengungkapkan, "mahasiswa memiliki visi besar untuk UNJ ke depan dan hari ini kita sama-sama memulai untuk mewujudkan visi besar itu."

"Pelaksanaan loka karya ini adalah momentum semangat sekaligus pernyataan komitmen kita bersama untuk saling berkolaborasi menuju UNJ sebagai Green Campus, bukan hanya karena hijau almamaternya, namun juga hijau karena peduli terhadap lingkungannya," ungkap Ahmad Syauqi Baihaqi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com