Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa yang Belum Punya Pilihan Karier

Kompas.com - 12/11/2022, 09:05 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Sukses berkarier di masa depan menjadi mimpi calon mahasiswa. Jurusan kuliah memegang peranan penting untuk mewujudkannya. Namun, tidak semua calon mahasiswa telah menentukan karier yang akan digelutinya.

Padahal, masa-masa pendaftaran perguruan tinggi sudah semakin mendekat, biasanya dimulai sejak bulan Januari.

Melansir dari pameran pendidikan tahunan pendidikan tinggi di Eropa European Higher Education Fair (EHEF) Indonesia, terdapat 5 jurusan fleksibel untuk kamu yang masih bingung dalam memutuskan ingin berkarier di bidang apa.

Baca juga: Lulusan Cepat Dapat Kerja, 8 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS 2022

1. Bisnis dan Manajemen

Memilih jurusan di bidang bisnis dan manajemen merupakan solusi bagi kamu yang masih belum menetapkan cita-cita dan karier di masa depan.

Hal itu terjadi karena apapun bidang yang ingin kamu geluti kelak saat dewasa, pasti akan selalu bersinggungan dengan urusan bisnis dan manajemen.

Kemampuan pada jurusan ini bukan hanya memberikanmu peluang untuk masuk ke perusahaan impian, melainkan juga memiliki modal untuk mengembangkan minatmu sendiri.

Dengan kata lain, mengambil jurusan di bidang bisnis dan manajemen membuka kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur.

Di Eropa, terdapat banyak kampus yang memiliki predikat bagus untuk program sarjana di bidang ini. Misalnya KU Leuven di Belgia atau University of Amsterdam di Belanda.

Kedua kampus tersebut masuk di antara 100 kampus terbaik dunia untuk bidang bisnis dan manajemen menurut QS World University Rankings.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

2. Ilmu Komputer dan Informasi

Teknologi terus berkembang, sementara perusahaan yang tak mampu menyeimbangi perkembangannya dapat dipastikan akan tergerus oleh zaman.

Tren perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang ke arah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang nantinya semua hal akan dioperasikan menggunakan komputer.

Menguasai ilmu komputer dan teknologi informasi tentu akan sangat menguntungkan bagi masa depan kariermu, sekalipun saat ini masih belum menentukan karir impian yang ingin kamu gapai.

Atas dasar itu, kebutuhan sumber daya manusia untuk jurusan ini semakin lama meningkat. Sebab, ketika bergerak di bidang apapun itu, setiap perusahaan tentu akan membutuhkan kemampuanmu.

Eropa merupakan salah satu negara yang tepat bagi kamu yang ingin berkuliah S1 di jurusan ini. Terdapat kampus-kampus berkualitas yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam bidang ini.

Seperti ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology yang termasuk ke dalam 10 kampus terbaik di dunia menurut QS World University Ranking.

Baca juga: Begini Tips Persiapan Meraih Karier bagi Mahasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com