Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa yang Belum Punya Pilihan Karier

KOMPAS.COM - Sukses berkarier di masa depan menjadi mimpi calon mahasiswa. Jurusan kuliah memegang peranan penting untuk mewujudkannya. Namun, tidak semua calon mahasiswa telah menentukan karier yang akan digelutinya.

Padahal, masa-masa pendaftaran perguruan tinggi sudah semakin mendekat, biasanya dimulai sejak bulan Januari.

Melansir dari pameran pendidikan tahunan pendidikan tinggi di Eropa European Higher Education Fair (EHEF) Indonesia, terdapat 5 jurusan fleksibel untuk kamu yang masih bingung dalam memutuskan ingin berkarier di bidang apa.

1. Bisnis dan Manajemen

Memilih jurusan di bidang bisnis dan manajemen merupakan solusi bagi kamu yang masih belum menetapkan cita-cita dan karier di masa depan.

Hal itu terjadi karena apapun bidang yang ingin kamu geluti kelak saat dewasa, pasti akan selalu bersinggungan dengan urusan bisnis dan manajemen.

Kemampuan pada jurusan ini bukan hanya memberikanmu peluang untuk masuk ke perusahaan impian, melainkan juga memiliki modal untuk mengembangkan minatmu sendiri.

Dengan kata lain, mengambil jurusan di bidang bisnis dan manajemen membuka kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur.

Di Eropa, terdapat banyak kampus yang memiliki predikat bagus untuk program sarjana di bidang ini. Misalnya KU Leuven di Belgia atau University of Amsterdam di Belanda.

Kedua kampus tersebut masuk di antara 100 kampus terbaik dunia untuk bidang bisnis dan manajemen menurut QS World University Rankings.

2. Ilmu Komputer dan Informasi

Teknologi terus berkembang, sementara perusahaan yang tak mampu menyeimbangi perkembangannya dapat dipastikan akan tergerus oleh zaman.

Tren perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang ke arah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang nantinya semua hal akan dioperasikan menggunakan komputer.

Menguasai ilmu komputer dan teknologi informasi tentu akan sangat menguntungkan bagi masa depan kariermu, sekalipun saat ini masih belum menentukan karir impian yang ingin kamu gapai.

Atas dasar itu, kebutuhan sumber daya manusia untuk jurusan ini semakin lama meningkat. Sebab, ketika bergerak di bidang apapun itu, setiap perusahaan tentu akan membutuhkan kemampuanmu.

Eropa merupakan salah satu negara yang tepat bagi kamu yang ingin berkuliah S1 di jurusan ini. Terdapat kampus-kampus berkualitas yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam bidang ini.

Seperti ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology yang termasuk ke dalam 10 kampus terbaik di dunia menurut QS World University Ranking.

3. Studi Lingkungan (Environmental science)

Studi lingkungan terkadang masih terdengar asing bagi sebagian pelajar di Indonesia.

Padahal studi lingkungan disebut fleksibel karena meliputi bidang keilmuan yang luas. Tidak hanya untuk ilmu pengetahuan alam saja, tetapi juga mencakup ilmu sosial dan humaniora.

Dalam studi ilmu lingkungan, kamu akan mempelajari tentang ekosistem, teknik, transportasi, ilmu hukum, sosiologi, bahkan antropologi.

Untuk program sarjana, studi mengenai lingkungan biasanya digolongkan ke jurusan yang identik seperti seperti geografi dan ekologi.

Akan tetapi, di Eropa terdapat program sarjana yang memiliki jurusan ini sendiri, seperti Universitat de Barcelona di Spanyol yang masuk 100 besar kampus terbaik di bidang environmental science.

Sementara jika ingin melakukan studi program sarjana yang lebih luas lagi, kamu bisa mencoba masuk ke Wageningen University and Research di Belanda. Kampus pertanian urutan pertama dunia ini memiliki jurusan environmental science yang penuh dengan jurusan-jurusan studi lingkungan.

4. Seni dan Desain

Bidang kesenian sepertinya belum cukup populer di Indonesia.

Padahal prospek karier di bidang ini semakin hari semakin meningkat. Terutama bagi kamu yang cukup mahir menggunakan perangkat lunak.

Desain grafis merupakan salah satu bidang yang cukup diminati oleh perusahaan-perusahaan berbasis teknologi.

Terlebih, pada era teknologi dan informasi seperti sekarang, komunikasi visual lebih menjanjikan daripada sekadar iklan teks.

Alhasil, jurusan desain grafis akan terus memberikan peluang karier yang cukup menjanjikan.

Nah, di Eropa, terdapat berbagai pilihan bagi kamu yang tertarik melanjutkan S1 di bidang ini, seperti Politecnico di Milano di Italia, Aalto University di Finlandia, atau Royal College of Art di United Kingdom (UK).

5. Psikologi

Ketika mendengar psikologi, hal yang terlintas di benak masyarakat pada umumnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan rekrutmen karyawan atau kesehatan mental.

Nyatanya, ilmu psikologi merupakan bidang cukup luas yang membahas hal-hal sehubungan dengan manusia sebagai individu dan makhluk sosial.

Oleh karena itu, bidang keilmuan ini memiliki banyak cabang, seperti psikologi politik, psikologi industri, psikologi klinis, pendidikan, psikologi hukum dan kriminal, hingga psikologi bencana.

Maka, sangat masuk akal apabila psikologi merupakan ilmu yang cukup fleksibel untuk masuk ke berbagai bidang pekerjaan.

Di Eropa sendiri banyak kampus-kampus dengan program psikologi yang berkualitas. University College London (UCL) merupakan salah satunya.

Berdasarkan The World University Ranking, UCL merupakan kampus terbaik kedua di dunia untuk bidang keilmuan psikologi.

Ada pula kampus di negara Eropa lain yang masuk ke dalam 100 terbaik dunia untuk subjek psikologi, seperti University of Amsterdam di Belanda, Karolinska Institute di Swedia, LMU Munich di Jerman, KU Leuven di Belgia, dan masih banyak lagi.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/12/090500871/5-jurusan-kuliah-bagi-calon-mahasiswa-yang-belum-punya-pilihan-karier

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke