Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jadi Guru? Ini 3 Kampus Pendidikan Terbaik Indonesia 2023

Kompas.com - 02/11/2022, 09:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jurusan pendidikan merupakan bidang ilmu yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi pendidik. Selama kuliah, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang dapat menunjang profesi tersebut.

Diharapkan, lulusan dapat menjadi guru yang profesional, kompeten, dan mampu melahirkan siswa-siswa yang berkualitas.

Meski demikian, prospek kerja jurusan pendidikan bukan hanya menjadi guru di sekolah, tetapi juga terbuka dalam bidang lain misalnya sebagai konselor, berkarier dalam bidang perbankan dan bisnis, menjadi pengamat sejarah, menjadi dosen, peneliti, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Pendidikan Selain Jadi Guru

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin berkuliah dan mengambil jurusan Pendidikan, pemeringkatan dunia yang dilakukan THE World University Rankings (WUR) by Subject 2023 dapat menjadi acuan kamu untuk memilih universitas.

Melansir laman resmi THE WUR, pemeringkatan kampus THE WUR 2023 by Subject menggunakan jurusan Education atau pendidikan meliputi bidang jurusan pendidikan, pelatihan guru, dan studi akademis dalam pendidikan.

THE WUR sendiri menggunakan lima indikator yakni 32,7 persen teaching (lingkungan pembelajaran), 32,6 persen riset (volume, pendapatan, dan reputasi), 27,5 persen sitasi (pengaruh riset), 7,5 persen international outlook (staf, mahasiswa, dan riset), dan 2,5 persen industry income (inovasi).

Jurusan Pendidikan di Universitas Negeri Malang (UM) menempati posisi peringkat pertama untuk universitas di Indonesia dan 301-400 di dunia. Diikuti oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai peringkat kedua, dan peringkat ketiga yakni Universitas Sebelas Maret (UNS).

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

1. Universitas Negeri Malang (UM)

UM yang berada di jalan Semarang 5 Malang, 65145 Telp. (0341) 551312 Malang, berhasil menyabet ranking pertama dalam bidang Pendidikan di Indonesia versi THE WUR 2023. Berikut perolehan skor sesuai indokator penilaiannya:

  • Ranking dunia: 301-400
  • Teaching: 30,2
  • Research: 16,5
  • Citations: 55,2
  • Industry income: 40,0
  • International outlook: 28,4
  • Total nilai keseluruhan: 30,5 – 35,5

Melansir laman resmi UM, Fakultas ilmu pendidikan di universitas ini memiliki banyak jurusan seperti jurusan Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Luar Biasa. Calon mahasiswa dapat memilih salah satu jurusan yang diminati.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI terletak di jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, yang juga menyediakan banyak program studi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Seperti namanya, kampus ini berorientasi pada bidang pendidikan yakni khusus bagi mahasiswa yang berminat menjadi guru.

UPI berhasil menyabet ranking kedua dalam bidang Pendidikan di Indonesia versi THE WUR 2023. Berikut perolehan skor nya sesuai indokator penilaiannya:

  • Ranking dunia: 401-500
  • Teaching: 32,9
  • Research: 21,5
  • Citations: 25,8
  • Industry income: 40,1
  • International outlook: 20,0
  • Total nilai keseluruhan: 26,4 – 30,4

Universitas tersebut menyediakan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan membuka beberapa program studi (Prodi) yakni Prodi Sarjana Administrasi Pendidikan, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Khusus, Teknologi Pendidikan, Perpustakaan dan Sains Informasi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, dan Psikologi.

Selain itu, ada juga Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan MIPA, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, dan Sekolah Pascasarjana.

Baca juga: Intip Perpustakaan Jakarta yang Estetik, Hidden Gem di Pusat Kota

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS sendiri beralamat di jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Kampus ini memiliki 13 Fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 Pascasarjana. Jenjang studi yakni sekolah vokasi, program Sarjana, program Magister, program doktor, dan program pendidikan dokter spesialias.

UNS berhasil menyabet ranking ketiga dalam bidang Pendidikan di Indonesia versi THE WUR 2023. Berikut perolehan skor nya sesuai indokator penilaiannya:

  • Ranking dunia: 501-600
  • Teaching: 18,1
  • Research: 15,3
  • Citations: 33,9
  • Industry income: 85,8
  • International outlook: 26,1
  • Total nilai keseluruhan: 20,5 – 26,2

UNS membuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dalam jenjang S1 terdapat Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Luar Biasa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Solo), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kebumen), Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Sosial Antropologi.

Baca juga: Tim UNS Inovasi Alat Serut Bambu untuk Produksi Sangkar Burung

Selain itu, ada juga Pendidikan Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dan Pendidikan IPA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com