Kompas.com - 23/09/2021, 09:13 WIB
Guru matematika. ShutterstockGuru matematika.

KOMPAS.com - Kamu sarjana pendidikan? Sedang bingung ingin berkarier selain menjadi guru? Ada banyak prospek kerja sarjana pendidikan yang tidak kalah menjanjikan.

Buat kamu yang sedang berkuliah di fakultas pendidikan atau sebentar lagi lulus menjadi sarjana pendidikan, bisa saja mempertimbangkan karier selain guru. Dilansir dari laman campuspedia, ini 8 pekerjaan yang cocok untuk sarjana pendidikan.

Daftar 8  Prospek Kerja Menjanjikan Sarjana Pendidikan 

1. Dosen

Prospek kerja sarjana pendidikan selain menjadi guru yang pertama adalah berkarir sebagai dosen. Baik guru dan dosen memang memiliki tugas dan kewajiban yang sama yaitu mendidik dan mengajar siswa atau mahasiswa.

Baca juga: Bukan Lulusan IT, Guru Les Ini Sukses Alih Profesi Jadi Data Engineer

Namun, jika ingin menjadi seorang dosen kamu harus memiliki gelar magister atau S2 terlebih dulu. Beberapa kampus juga akan meminta untuk melanjutkan sekolah S3 guna meningkatkan kredibilitas dosen serta kualitas perguruan tinggi. Meskipun proses menjadi dosen cukup panjang, ternyata karir sebagai dosen juga lama loh yaitu hingga usia 65 tahun sebelum pensiun. Bahkan, jika dosen tersebut memiliki gelar profesor dapat aktif mengajar hingga usia 70 – 75 tahun.

2. Bekerja di Instansi Pemerintahan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prospek kerja sarjana pendidikan berikutnya adalah bekerja di instansi pemerintahan. Instansi Pemerintah seringkali membutuhkan pegawai yang memiliki keahlian khusus untuk ditempatkan di divisi tertentu.

Misalnya, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lulusan sarjana pendidikan akan dibutuhkan di divisi pengembangan kurikulum. Kemudian, bagi kamu yang merupakan lulusan program studi Pendidikan Bahasa, baik Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, kamu bisa punya kesempatan untuk bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) atau Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

3. Penulis

Bagi kamu sarjana pendidikan yang cinta dengan dunia literasi, pilihan karir sebagai penulis bisa jadi pertimbangan. Sebab, profesi ini bisa digeluti oleh siapa pun yang memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan menyampaikan informasi dengan baik dalam tulisan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.