Kompas.com - 17/09/2022, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu yang sedang mencari suasana baru untuk mencari inspirasi lewat buku, mengejakan tugas kuliah, work from anywhere, hingga mengenalkan anak pada beragam jenis buku, Perpustakaan Jakarta yang berlokasi di Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, bisa menjadi salah satu destinasi.

Resmi dibuka untuk umum sejak 8 Juli 2022, Perpustakaan Jakarta ramai dibahas di media sosial karena desainnya yang estetik, koleksi hingga 190.000 buku, fasilitas lengkap dan nyaman, ramah bagi disabilitas dan anak-anak.

Perpustakaan ini sukses mengubah image perpustakaan yang kaku, karena mampu menghadirkan suasana baru. Ibarat "hidden gem" di tengah kota, mari berkunjung untuk menambah literasi dan membuka jendela dunia.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Senyaman kafe kekinian

Perpustakaan Jakarta terdiri dari tiga lantai dengan nuansa ruangan yang tidak kalah nyaman dengan kafe kekinian.

Perpaduan antara unsur kayu, warna abu-abu pada dinding, hingga kehadiran lampu-lampu bernuansa kuning keemasan, membuat suasana terasa nyaman dan tenang.

Salah satu spot yang menarik perhatian ialah rak buku dan ruang baca yang terletak di sisi tangga yang menghubungkan lantai 4 hingga lantai 6. Kamu bisa duduk santai seraya menemukan beragam koleksi Seni Budaya dan Kejakartaan yang dipajang secara khusus.

"Koleksi ini dihadirkan untuk menggambarkan Taman Ismail Marzuki ini yang terdapat planetarium dan lain-lain," ucap Irma, Staf Humas Perpustakaan Jakarta kepada Kompas.com, Jumat (16/09/22).

Baca juga: Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Perpustakaan Jakarta, TIMDok. KOMPAS.com/ANDIA Perpustakaan Jakarta, TIM

Bagi kamu yang ingin menghadiri kuliah online atau zoom meeting, ada ruangan khusus yang dipisahkan dengan sekat kaca agar kamu lebih nyaman saat harus berbicara.

Bahkan, bila sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan, kamu dapat memakai komputer di ruang multimedia secara gratis. Jadi, tak perlu repot-repot membawa laptop. 

Sembari bekerja atau nugas, kamu bisa menambah inspirasi dengan membaca beragam koleksi buku.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.