Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lulusan Kampus Top Dunia Lebih Unggul di Dunia Kerja?

Kompas.com - 15/09/2022, 11:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang menginvestasikan waktu serta upaya untuk bisa meningkatkan peluang lolos masuk univeristas terbaik dunia. Banyak yang beranggapan, lulus dari kampus top dunia dapat membuka peluang karier di masa depan.

Menurut penelitian, lulusan perguruan tinggi luar negeri memang memiliki lebih banyak akses untuk mendapatkan karier yang lebih mapan. 

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Melansir lembaga bimbingan beasiswa luar negeri Schoters, berikut alasan mengapa kuliah di kampus top dunia dapat memperluas peluang kariermu:

1. Koneksi alumni yang kuat

Jika kamu melanjutkan studi S1, S2, S3 di kampus top dunia maka kesempatan kamu untuk mengenal lebih banyak pakar di bidangnya menjadi lebih luas.

Apalagi, kampus top dunia umumnya memiliki koneksi alumni yang powerful sehingga kesempata kamu untuk berkolabirasi hingga mencari inspirasi menjadi lebih terbuka.

Namun, kamu juga dituntut untuk memiliki kompetensi, inovasi hingga kemampuan untuk berkoneksi untuk bisa maju. Dengan kata lain, gelar saja tidak cukup untuk kamu bisa suskes di dunia kerja. 

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Inggris: Oxford, Cambridge, UCL

2. Bobot yang baik lahir dari bibit yang baik?

Seleksi yang begitu ketat, tantangan akademis, tuntutan tinggi untuk berinovasi, membuat lulusan kampus top dunia kerap dipandang sebagai pribadi yang tahan banting dan unggul karena telah berproses.

Belum lagi tantangan beradaptasi dengan beragam orang, budaya yang berbeda dan tentu kurikulum atau kuliah yang berbeda, membuat mahasiswa kampus top dunia dipandang lebih tangguh untuk menghadapi dunia yang kerap berubah.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

3. Pintu peluang tidak terbuka jika tidak memiliki kuncinya

Posisi yang kuat di sebuah perusahaan, gaji yang melebihi rata-rata, tidak hanya bisa dibuka dengan gelar dari kampus top saja. Karena, selalu ada variabel lain yang berperan untuk membuat peluangmu terbuka lebar.

Gelar bisa menjadi bekal utama masuk ke dunia kerja. Namun, kegigihan dalam bekerja, kemampuan komunikasi dan beradaptasi, meningkatkan skill yang dibutuhkan sesuai zaman, bisa membuat kamu bertahan lebih baik dan maju lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com