Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 11 Tahun, Lulusan UB Ini Jatuh Bangun Berbisnis Fashion Wanita

Kompas.com - 14/09/2022, 20:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang menyangka bila pendiri sekaligus pemilik House of Shopaholic (HOS), Rizky Indria Berlianty merupakan lulusan Universitas Brawijaya (UB) Program S1 Jurusan Akuntansi.

House of Shopaholic (HOS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang retail fashion wanita. Usaha yang dijalankannya telah berjalan sejak 2011.

Baca juga: LTMPT: Kami Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Dia mengaku, selama menjalani bisnis harus terus melakukan inovasi dari segi produk, baik berupa material maupun modelnya.

Selain itu channel marketing juga harus mengikuti perkembangan dunia digital, agar konsumen tetap bisa dirangkul oleh perusahaan.

"Jadi dari sejak 2011, kita selalu mengikuti, di mana ada target market kita, maka di sana ada kita. Jadi kita melakukan inovasi dan juga mempunyai channel marketing," ucap dia dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Tak lupa, sebut dia, dalam membangun usaha atau bisnis diperlukan komitmen untuk terus bertumbuh dan memperbaiki segala kekurangan yang ada.

"Jadi kami siap menerima kritikan, kami juga memperbaiki. Sehingga bisnis yang kita jalani akan terus berlanjut," jelas dia.

Dia mengaku, memang dari sejak kuliah sudah suka berbisnis. Mulai dari bisnis jualan pulsa yang marginnya kecil hingga sampai saat ini.

Motivasi berbisnis, memang dapat dorongan dari keluarga, terutama dari orangtua.

"Memang background keluarga suka wirausaha. Papa punya usaha dan mama punya butik kecil dulu, tapi sekarang tidak jalan. Jadi aku termotivasi untuk bisa wujudkan cita-cita mama dulu," jelas dia.

Baca juga: Siswa IPS Ingin Pilih Prodi IPA di SNMPTN 2023, Apa Saja Ketentuannya?

Tantangan menjalani bisnis di bidang fashion wanita

House of Shopaholic (HOS) memberikan dukungan yang penuh bagi mahasiswi di kampus daerah Yogyakarta.DOK. HOS House of Shopaholic (HOS) memberikan dukungan yang penuh bagi mahasiswi di kampus daerah Yogyakarta.

Terkait tantangan, dia mengaku semua bisnis memiliki tantangan yang besar.

Namun, bisnis yang dijalaninya (HOS) mempunyai tantangan terhadap pesaingnya yang menjual dengan harga murah dengan kualitas yang lebih bawah.

"Jadi ini tantangan dan pekerjaan rumah (PR) banget, kita benar-benar harus menjelaslan pada market, bahwa yang kita jual ini sesuai dengan value yang akan mereka terima. Jadi produk yang kita jual harganya mungkin agak sedikit mahal, tapi kualitasnya lebih tinggi," jelas dia.

11 tahun telah jalani bisnis

Dia menegaskan, waktu 11 tahun bukan waktu yang singkat untuk HOS berdiri. Dia berharap, di tahun ke-11 ini HOS bisa mewujudkan semua visi serta harapan barunya untuk menjadi lebih baik lagi.

Saat ulang tahun ke-11, HOS Yogyakarta bekerja sama dengan Wardah dalam membagikan 250 baju best-seller dan produk Matte Lip Shot gratis khusus mahasiswa baru.

Hal ini menjadi sebuah bukti nyata, bahwa HOS memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa untuk lebih semangat dalam memulai dunia perkuliahan baru mereka.

Baca juga: Perbedaan Aturan SBMPTN 2023 dengan SBMPTN 2022

"Ini merupakan bentuk program CSR kita untuk mahasiswa baru di area kampus Yogyakarta. Ini juga bentuk kontribusi positif kita untuk mahasiswai baru. Semoga ini akan membawa sebuah energi positif dan menjadi motivasi untuk selalu memperbaiki," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com