Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 12:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kreativitas pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) untuk menghadirkan program wisata Glow menjadi terobosan yang menarik.

Di banyak kebun raya di dunia, program sejenis Glow ini sudah lebih dulu ada dan menjadi magnet bagi pengunjung, terutama kaum milenial.

Baca juga: 10 Sekolah Terbaik di Tangsel dan Bogor Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Program Glow di KRB yang menghadirkan instalasi lampu dan proyeksi visual memudahkan pengunjung memahami beragam informasi tentang kebun raya.

Di area seluas 26 ribu meter persegi, hanya sekitar 3 persen dari total luas KBR yang mencapai 870 ribu meter persegi atau 87 hektar, program Glow hadir terbatas di setiap Jumat-Minggu malam mulai pukul 19.00 WIB-10.00 WIB.

Jumlah pengunjung yang hadir akan dibatasi dan dikelompokkan dengan pemandu khusus di setiap kelompok.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai pemegang kendali penuh atas penyelenggaraan di KRB, menegaskan bahwa berdasarkan hasil riset selama periode Januari-Juni 2022, kehadiran cahaya buatan (Artificial Light at Night/ALAN) pada area eduwisata Glow di KRB tidak berdampak buruk terhadap tumbuhan-tumbuhan dan ekosistem yang ada.

"Kami memiliki komitmen yang sama dengan masyarakat bahwa KRB ini adalah aset bangsa yang harus selalu dijaga dan dapat dioptimalkan untuk kemajuan masyarakat. Karena itu terobosan dan inovasi harus terus dilakukan tanpa meninggalkan akar budaya yang ada," kata Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022).

Selain program Glow di Kebun Raya Bogor, sejumlah kebun raya di dunia juga menjadikan eduwisata sejenis untuk menarik lebih banyak pengunjung muda.

Baca juga: 15 Sekolah Terbaik di Jawa Berdasarkan Nilai Rerata UTBK 2022

Penataan Kebun Raya BogorKementerian PUPR Penataan Kebun Raya Bogor

Daftar kebun raya yang punya wisata lampu

Berikut ini adalah daftar kebun raya yang menjadikan wisata lampu sebagai bagian dari inovasinya yang dirangkum dari berbagai sumber. Baca ulasannya di bawah ini ya!

1. Kew Gardens

Kebun raya yang berlokasi di Sussex, Inggris, ini merupakan salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO.

Dengan koleksi lebih dari 50.000 tanaman, Kew Gardens menghadirkan konsep wisata malam saat musim dingin.

Untuk tahun ini, sebanyak 12.000 pohon dan koleksi tanaman hidup akan menjadi rute baru sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati wisata alam dengan perspektif baru.

2. Glow Kebun Raya Bogor

Glow merupakan salah satu terobosan yang dihadirkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama mitranya, PT Mitra Natura Raya, menghadirkan sarana edukasi dan wisata malam pertama dan terbesar di Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com