Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej dan 23 PTS Gelar SBMPTBR 2022, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 10/06/2022, 15:36 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022, selanjutnya masing-masing perguruan tinggi membuka jalur Mandiri.

Dalam penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Universitas Jember (Unej) bersama 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Besuki Raya menggelar jalur pendaftaran mahasiswa baru Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) 2022.

SBMPTBR ini merupakan penerimaan jalur ujian mandiri yang diadakan Unej.

Walaupun menyandang nama Besuki Raya, semua siswa atau peserta dari seluruh Indonesia bisa mengikuti dan mendaftar SBMPTBR 2022.

Baca juga: PTN Terbaik Luar Pulau Jawa Versi QS WUR 2023, Ada Kampus Mana Saja?

SBMPTBR jadi seleksi PTN dan PTS di wilayah Besuki Raya

PTS yang berpartisipasi dalam SBMPTBR 2022 diantaranya Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi, Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso, STKIP PGRI Situbondo, ITB Widya Gama Lumajang, Panca Marga Probolinggo dan sejumlah PTS lainnya.

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna menegaskan, keberadaan SBMPTBR yang sudah dimulai semenjak tahun 2015 adalah salah satu perwujudan dari kerjasama antara PTN dengan PTS di wilayah Besuki Raya yang bermula dari Forum Silaturahmi PTN-PTS Besuki Raya.

Selain kerja sama dalam penerimaan mahasiswa baru, kerjasama yang telah dijalin adalah dengan mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kolaboratif di beberapa kota.

Baca juga: Intip 5 Kampus Swasta Termahal di Indonesia dan Pilihan Prodinya

Kerja sama juga diwujudkan dengan berbagai pelatihan serta kegiatan akademik seperti seminar dan riset bersama.

"Bagi kalangan PTS, SBMPTBR dapat menjadi sarana seleksi calon mahasiswa baru yang efektif dan efisien. Adanya parameter seleksi yang sama juga dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kualitas calon mahasiswa yang akan kita terima," terang Rektor Unej seperti dikutip dari laman Unej, Jumat (10/6/2022).

Rektor mengatakan, bagi siswa atau peserta akan mendapatkan kemudahan memilih program studi di Universitas Jember dan atau di PTS hanya dalam satu kali seleksi.

Sementara bagi Universitas Jember, jalur SBMPTBR adalah jalur ujian mandiri yang menyediakan kuota sebanyak 20 persen mahasiswa baru angkatan tahun 2022.

Jadwal SBMPTBR 2022

Sementara itu Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember Prof. Slamin menjelaskan, mengingat kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang makin membaik, panitia memutuskan pelaksanaan SBMPTBR 2022 menggunakan UTBK yang digelar di kampus Universitas Jember.

Baca juga: Tenaga Honorer Dihapus Tahun 2023, Begini Pendapat Pakar Unair

Jadwal pelaksanaan SBMPTBR sebagai berikut:

1. Proses pendaftaran SBMPTBR akan dilakukan secara daring: 20 Juni-30 Juni 2022.

2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK): 4 Juli-10 Juli 2022.

3. Pengumuman SBMPTBR 2022: 13 Juli 2022 yang dilanjutkan dengan proses registrasi ulang di masing-masing kampus.

"Panitia sepakat untuk mekanisme seleksi pada SBMPTBR 2022 menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer. Untuk itu kami sudah menyiapkan perangkat komputer sebanyak 675 di setiap sesi UTBK-nya," papar Prof. Slamin.

Baca juga: Peringkat ITB Melesat di QS WUR 2023, Ranking 235 Dunia

Selain itu, mekanisme seleksi dengan UTBK dinilai lebih cocok mengingat ada calon peserta yang mungkin kemarin tidak mengikuti SBMPTN. Sehingga diharapkan kesempatan siswa untuk melanjutkan ke bangku kuliah makin terbuka lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com