Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 23/01/2023, 16:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu profesi yang jadi incaran banyak orang ialah pegawai bank. Salah satunya alasannya karena gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan.

Jika kamu punya keinginan menjadi pegawai bank, maka kamu harus benar-benar mewujudkannya. Tetapi, kamu juga harus belajar banyak hal. Salah satunya yakni melayani dengan senyuman.

Tak hanya itu saja, ada beberapa skill yang harus kamu miliki sebagai seorang pegawai bank. Apa saja itu?

Baca juga: 9 Tips Memilih Baju agar Dilirik HRD, Info bagi Fresh Graduate

Bagi para lulusan baru (fresh graduate) yang ingin menjadi pegawai bank, maka harus menguasai 5 skill ini. Informasi dilansir dari laman KitaLulus:

5 skill pegawai bank

1. Harus percaya diri

Tentunya, seorang pegawai bank wajib percaya diri. Banyak dicantumkan bahwa kualifikasi menjadi pegawai bank adalah memiliki penampilan yang baik. Tentu, tampilan yang menarik berasal dari rasa percaya diri.

Ketika kamu percaya diri dengan diri kamu, kamu otomatis akan merasa mampu untuk melakukan sesuatu, termasuk berhadapan dengan nasabah.

2. Mampu berkomunikasi baik dan persuasif

Untuk skill pegawai bank berikutnya adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Ini karena kamu akan berinteraksi dengan nasabah.

Tidak hanya bisa berbicara, tetapi juga bisa melakukan persuasi. Terlebih jika posisi kamu sebagai telemarketing.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

3. Punya kemampuan analisis dan detail oriented

Tentunya, menjadi pegawai bank memang diwajibkan untuk target oriented. Namun, meskipun harus menyelesaikan semuanya dengan cepat, kamu tetap harus memperhatikan detail. Selain itu juga kemampuan kamu menyelesaikan masalah harus cepat dan tepat.

Hal tersebut dikarenakan bank menjadi perusahaan yang berjalan di bidang jasa dengan ribuan klien. Klien yang berupa nasabah tentu tidak akan menerima kesalahan sedikitpun, terlebih jika berkaitan dengan uang.

4. Cepat beradaptasi

Ketika kamu bekerja jadi pegawai bank, bisa saja nanti akan ditempatkan di berbagai posisi bahkan di wilayah cabang lain.

Di beberapa bank, penilaian pegawai akan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali sehingga kamu harus selalu dituntut untuk cepat tanggap dan mudah beradaptasi.

Tapi, adaptasi di sini tidak hanya tentang posisi, namun juga tentang berbagai tugas yang tidak pernah berakhir. Satu pekerjaan belum selesai, pekerjaan lain datang.

Itu adalah rutinitas yang tidak bisa dibantah oleh pegawai bank karena memang orientasi tentang target begitu tinggi.

5. Harus tahan banting

Karena harus selalu berhadapan dengan klien yang memiliki berbagai macam sifat, kamu pasti tidak bisa mengatur kemauan klien akan seperti apa pun dengan perasaan mereka.

Baca juga: HRD: Apa Kekurangan Diri Anda? Ini 7 Contoh Jawabannya

Ketika kamu menghadapi nasabah dengan biasa, tetapi nasabah merasa kamu tidak memperhatikannya dengan baik. Nasabah bisa saja komplain dan nama baik bank menjadi taruhan. Jika sudah begitu, tentu saja kamu tidak bisa membela diri.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini, tahan banting secara mental adalah salah satu skill pegawai bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com