Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Terbaik di Kaltim Versi Webometrics 2022, Unmul Nomor Satu

Kompas.com - 23/04/2022, 11:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di Indonesia banyak terdapat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang bisa dipilih calon mahasiswa. 

Namun, ada banyak perguruan tinggi di luar pulau Jawa yang juga memiliki kualitas tak kalah bagus. Salah satunya bisa terlihat dari hasil pemeringkatan yang dilakukan lembaga internasional.

Dari rilis terbaru pemeringkatan Webometrics 2022, ada banyak perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang masuk dalam pemeringkatan.

Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang dilakukan sejak Juli 2012.

Baca juga: Peneliti UGM Ungkap Faktor Penyebab Tingginya Curah Hujan

Unmul masuk 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Dari pemeringkatan tersebut, Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi perguruan tinggi negeri terbaik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Bahkan di seluruh Pulau Kalimantan, rangking Unmul masih terjaga di kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Melansir dari laman remsi Unmul, Sabtu (23/4/2022), universitas dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Center of Excellence for Tropical Studies ini kembali menjaga konsistensi sebagai 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dalam pengejawantahan pemeringkatan skala internasional. Sesuai pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari tahun 2022, Unmul masuk pada posisi 36 dari 2.585 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan sistem pemeringkatan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Tanggapan Pakar Unair

Universitas terbaik di Kaltim versi Webometrics 2022

Kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas. Webometrics menekankan bukan melakukan pemeringkatan website universitas, tetapi melakukan pemeringkatan universitas berdasarkan data website-nya.

Lembaga yang menganalisis kuantitatif internet dan konten web. Khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi serta pengetahuan ilmiah ini, mengumumkan universitas berakreditasi A ini berada di peringkat tertinggi perguruan tinggi di Pulau Kalimantan atau di atas beberapa perguruan tinggi lainnya di Pulau Jawa.

Webometrics adalah lembaga pemeringkatan di Spanyol menilai tidak kurang dari 31.000 perguruan tinggi se-dunia yang dilakukan dua kali pertahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Selain Unmul, berikut perguruan tinggi di Kalimantan Timur yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2022.

Baca juga: Tips Menjadi Kartini Modern ala Dosen Unesa

1. Universitas Mulawarman (Unmul).

2. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com