Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Simak Tips Hadapi Seleksi IISMA 2022

Kompas.com - 04/04/2022, 13:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka pendaftaran beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

Setelah masa pendaftaran IISMA 2022, mahasiswa harus bersiap ke tahapan selanjutnya yakni proses seleksi.

Program IISMA menjadi program pertukaran pelajar bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa bisa merasakan kuliah di luar negeri. Karena banyaknya benefit yang diperoleh, persaingan pendaftar beasiswa IISMA 2022 pun sangat ketat.

Untuk membantu mahasiswa yang mendaftar beasiswa IISMA 2022, salah satu awardee IISMA membagikan tips untuk mempersiapkan seleksi program IISMA 2022.

Baca juga: PAMA Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Ayo Daftar

Zulfiqar Rahman Aji merupakan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang menjadi awardee IISMA 2021 yang menjalani studi di Universiti Teknologi Malaysia.

Menurutnya, seleksi IISMA secara garis besar dilakukan melalui dua tingkatan. Yakni seleksi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan penyelenggara IISMA itu sendiri.

"Tesnya meliputi seleksi berkas dan wawancara," kata Zulfiqar Rahman Aji seperti dikutip dari laman ITS, Senin (4/4/2022).

Menurut Zul, meski hanya terdiri dari dua jenis tes, kedua tahapan seleksi cukup sulit. Terlebih ketika memasuki tahap seleksi oleh penyelenggara IISMA. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu melewati tahapan seleksi IISMA dengan baik. Berikut tips lulus seleksi IISMA dari Zulfiqar Rahman Aji, awardee IISMA 2021.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK dan S1, Yuk Daftar

Tips hadapi seleksi IISMA 2022

1. Strategi dasar pendaftar IISMA

Mahasiswa bisa memperbanyak riset negara dan kampus tujuan, hingga persyaratannya. Dengan persiapan itu, akan menunjukkan kesiapan para pendaftar untuk melakukan studi di luar negeri.

"Selain itu, juga perlu mempertimbangkan kemampuan untuk memenuhi segala persyaratan yang ada," imbuhnya.

Baca juga: Munculnya Bahasa Gaul ala Anak Jaksel, Begini Pendapat Dosen Unair

2. Belajar bahasa Inggris

Tips lain yang tak kalah penting yakni belajar bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris akan menjadi bahasa utama selama proses seleksi hingga studi di luar negeri berlangsung.

"Pelajari bahasa Inggris dari jauh-jauh hari agar segala proses seleksi dan studi bisa jauh lebih mudah," terang mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS ini.

3. Eksplorasi diri terkait pengalaman, kemampuan, dan pencapaian yang dimiliki

Dia menekankan, poin penting yang harus diperhatikan yakni seberapa unik, penting pencapaian tersebut. Serta dampaknya bagi diri dan bahkan orang di sekitar.

Meskipun belum memiliki prestasi selama perkuliahan, masih ada banyak hal yang bisa digali untuk menunjukkan kelayakan untuk mengikuti program ini.

Baca juga: Munculnya Bahasa Gaul ala Anak Jaksel, Begini Pendapat Dosen Unair

Zul berpesan kepada seluruh mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA 2022 ini agar tetap semangat selama proses seleksi.

"Harus percaya diri dan jangan terlalu takut untuk mengikuti program ini," tutup Zul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com