Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Infradigital, Disdik Bekasi dan Bogor Gelar "Ayo Digitalkan Sekolahmu"

Kompas.com - 01/04/2022, 19:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi dan Kota Bogor menggandeng Infradigital menggelar kegiatan "Ayo Digitalkan Sekolahmu” yang dilaksanakan pada 29 Maret 2022 di Balai Patriot Kota Bekasi dan 31 Maret 2022 di Aula Kantor Disdik Kota Bogor.

Program "Ayo Digitalkan Sekolahmu” bertujuan meningkatkan literasi digital beserta percepatan digitalisasi lembaga pendidikan.

Kegiatan ini dihadiri 70 lembaga pendidikan yang kebanyakan berada pada jenjang SD dan SMP.

Sebelumnya, Infradigital telah sukses mengadakan kegiatan serupa bersama Dinas Pendidikan Kota Depok dan Kabupaten Bekasi pada Januari 2022 lalu. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mempercepat dan pemerataan digitalisasi lembaga pendidikan di Indonesia.

Hal ini juga sesuai dengan program yang dicanangkan Kemdikbudristek beserta Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten untuk dapat melakukan transformasi digital.

Pemerataan digitalisasi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, mengungkapkan bahwa pemerataan digitalisasi lembaga pendidikan membutuhkan dukungan dan sinergi dengan pihak terkait agar tujuan digitalisasi dapat tercapai.

"Kota Bogor masih perlu digitalisasi yang merata, ditambah dengan adanya pandemi. Dukungan prasarana digital seperti kegiatan ini memang dibutuhkan dari semua pihak termasuk Infradigital sebagai perusahaan teknologi,” ujar Hanafi.

Melalui kegiatan ini, lembaga pendidikan diharapkan dapat bertransformasi ke tahap digitalisasi dari praktik pendidikan hingga ke tahap administratif sehingga lebih efektif dan efisien secara digital.

Baca juga: Ekonomi Digital Tumbuh Pesat, Ini yang Harus Disiapkan Talenta Indonesia

Ian McKenna, CEO Infradigital, mengatakan “kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja. Infradigital siap mendampingi dan melanjutkan kegiatan ini bersama Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan tentunya dengan dukungan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten masing-masing.”

Kepala Dinas Kominfostandi Pemerintahan Kota Bekasi Hudi Wijayanto mengapresiasi kegiatan ini dan berharap Infradigital bisa membantu mengoptimalkan digitalisasi sekolah di Bekasi pada jenjang SD dan SMP.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, karena berkolerasi terhadap program unggulan pemerintah khususnya Kota Bekasi seperti smart society, di mana pendidikan masuk di dalamnya," kata Hudi Wijayanto.

"Apresiasi untuk Infradigital dengan ekosistem digitalnya untuk membuka ruang dan akses seluas mungkin bagi para penyelenggara pendidikan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com