Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrasah "Go Digital", Kemenag Jakarta dan Infradigital Gelar "Madrasah Digital Award"

Kompas.com - 24/03/2022, 14:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta dan edutech Infradigital menyelenggarakan program "Jakarta Madrasah Digital Awards 2022" sebagai upaya percepatan dan pemerataan digitalisasi madrasah di DKI Jakarta.

Perjanjian kerja sama secara resmi telah dilakukan bertepatan dengan Rapat Kerja Kemenag Tahun 2022 dan Rakor Kemenag Bidang Pendidikan Madrasah di Kemayoran pada 21 Maret 2022.

“Saya sangat bangga dan senang dengan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta yang hari ini juga melaksanakan MoU untuk program transformasi digital,” ungkap Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (23/3/2022).

Seremoni peluncuran program Madrasah Digital DKI Jakarta 2022, ditandai dengan dipukulnya gong oleh Sekjen Kementerian Agama RI, Nizar Ali.

Pada sambutannya dalam acara tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar meminta DKI Jakarta menjadi awal, barometer, sekaligus server transformasi digital melalui madrasah.

Sebab seluruh madrasah di DKI Jakarta pada tingkatan MA, MI, MTs sudah melek digital.

“Kami menyambut baik kerjasama dengan Infradigital dan program ini karena ini juga merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama yang justru kita berada di tengah era industri, mau tidak mau dunia digitalisasi akan terus kita geluti karena prinsipnya digitalisasi untuk memudahkan,” jelasnya.

Madrasah "Go Digital"

Sebelumnya, Infradigital telah membantu percepatan digitalisasi pada ribuan madrasah di Indonesia.

Ian McKenna, CEO Infradigital menjelaskan bahwa program ini akan menunjang pemerataan digitalisasi yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan, sehingga mempermudah seluruh madrasah untuk “Go-Digital.”

Baca juga: Kemenag: Madrasah di Daerah PPKM Level 2 Bisa PTM 50 Persen

Ian mengatakan, “kami di Jaringan IDN bangga sekali bisa ikut partisipasi dengan program dan visi Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta ini, dan berkomitmen untuk menjadi partner pelatihan dan pendampingan digitalisasi madrasah di tahun 2022 dan 2023.”

Sementara itu, menurut Nur Pawaidudin, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi DKI Jakarta, pandemi menjadi berkah untuk percepatan digitalisasi.

Pawaidudin menargetkan 95 persen madrasah di DKI Jakarta, khususnya swasta untuk dapat digitalisasi dan dapat menerapkan blended learning.

Tujuannya, agar digitalisasi dapat menjadi alat pendukung meningkatkan kualitas pendidikan yang dibarengi dengan ber-akhlakul karimah.

Pawaidudin juga mengajak madrasah di wilayah lain untuk melakukan digitalisasi,

“Kepada rekan Kemenag Kabupaten/Kota, Kasi Pendma Kabupaten/Kota, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta. Ayo dukung program GusMen, program Kemenag tentang transformasi digital. Infradigital hadir untuk mendukung program GusMen itu, untuk itu ayo bersama-sama kawal madrasah dengan digitalisasi,” ajak Pawaidudin.

Program Jakarta Madrasah Digital Awards terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yang wajib diikuti tiap jenjang yaitu MA, MI, MTs, dan RA.

Rangkaian kegiatannya dimulai dari webinar sosialisasi program secara daring, pelatihan dan pendampingan berkelanjutan secara luring, kampanye madrasah digital, survei digitalisasi madrasah untuk memetakan kondisi digitalisasi madrasah di kota/kabupaten, visitasi penilaian madrasah, hingga acara puncak penghargaan Jakarta Madrasah Awards Tahun 2022.

Baca juga: Varian Omicron Naik, Kemenag: Kepala Madrasah Bisa Tetapkan PJJ

Pada acara puncak penghargaan, terdapat kategori penghargaan terbaik yang akan diumumkan. Kategori tersebut antara lain kantor Kemenag kota/kabupaten terbaik, operator madrasah digital terbaik, tata usaha/ keuangan terbaik tiap jenjang, madrasah favorit tiap kota/kabupaten, dan madrasah digital terbaik tiap jenjang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com