Kompas.com - 01/04/2022, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) Antonius Ritchi Castilani mengatakan, memasuki 2022 atau bertepatan dengan usia ke-55 tahun, pihaknya siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 maupun 5.0.

Kesiapan FKIK Ukrida, kata dia, dilakukan dengan melahirkan berbagai inovasi konsep pendidikan melalui peningkatan kurikulum pendidikan berbasis kompetensi.

“Inovasi ini dilakukan dengan memanfaatkan penerapan information technology (IT), antara lain blended learning dan penggunaan game dalam metode pembelajaran,” ucap Antonius dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Blended learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan, sistem pendidikan konvensional dan sistem pendidikan berbasis digital.

Baca juga: Siswa Kehilangan Minat Belajar? Lakukan Metode Pembelajaran Ini

Selain inovasi, lanjut dia, FKIK Ukrida juga meningkatkan proporsi aktivitas mahasiswa dalam problem base learning (PBL) dan skills lab (SL). Hal ini agar para millenials lebih tertarik dan mudah memahami materi pendidikan kedokteran.

Apalagi menghadapi era globalisasi pelayanan kedokteran, kata Antonius, diperlukan kemampuan kerja sama prima antar sesama tenaga medik atau paramedik.

Hal tersebut sebagaimana diarahkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) dalam bentuk inter professional cooperation atau kerja sama antar profesi.

“Oleh karena itu, FKIK Ukrida sejak 2019 mulai membekali inter professional education kepada seluruh mahasiswa program studi Kedokteran, Optometri, dan Keperawatan,” imbuhnya.

Guna membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia unggul, serta terbentuknya profil outcome lulusan yang unggul.

Baca juga: Kepala LLDikti Jakarta Optimis Matching Fund Mampu Wujudkan SDM Berdaya Saing

Tak hanya itu, sebut Antonius, FKIK Ukrida juga berkomitmen menerapkan materi pembelajaran elektif di bidang kedokteran kedaruratan dan kedokteran komunitas melampaui standar kompetensi (SK).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.