Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB dan TEC Sosialisasikan Beasiswa Penuh S1-S3 ke Taiwan 2022

Kompas.com - 04/03/2022, 17:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Biro Kemitraan, International Relation Office Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Taiwan Education Center (TEC) mengadakan sosialisasi beasiswa studi S1, S2 hingga S3 di Taiwan tahun 2022 secara daring, Senin (21/2/2022). 

Taiwan merupakan salah satu pilihan destinasi terbaik untuk menempuh pendidikan, terutama di Asia.

Taiwan memiliki berbagai keunggulan seperti fasilitas akademik dan riset yang setara dengan Amerika Serikat dan Eropa, lalu memiliki biaya hidup yang terjangkau, menyediakan banyak kesempatan beasiswa, memiliki peluang dan lapangan kerja yang luas, serta banyak menyediakan makanan halal.

Baca juga: Astra Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1-S2 Berbagai Jurusan

Bukan hanya itu, Taiwan juga menjadi salah satu negara paling aman di dunia dan menjadi salah satu negara terbaik dalam penanganan kasus Covid-19.

Perwakilan Taiwan Education Center (TEC) Indonesia, Tirta Amerta mengatakan bahwa Taiwan Education Center Indonesia merupakan perwakilan resmi Kementerian Pendidikan Taiwan dan Divisi Pendidikan TETO.

"TEC bertugas untuk memberikan informasi seputar pendidikan serta beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di Taiwan,” jelas Tirta seperti dilansir dari laman ITB.

Taiwan juga bukan negara yang asing dari tahun ke tahun untuk para mahasiswa Indonesia. Tercatat bahwa Indonesia menjadi negara dengan mahasiswa asing terbanyak ke 4 di Taiwan pada tahun 2019 dengan total 13.907 mahasiswa.

Jurusan yang paling banyak diambil oleh mahasiswa Indonesia adalah Teknik, Administrasi dan Bisnis, Bahasa Mandarin, dan Pariwisata.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Maka dari itu, papar Tirta, tidaklah sulit untuk mencari sesama teman dari Indonesia ketika berkuliah di Taiwan. Selain itu, studi di Taiwan juga memberikan berbagai pengalaman di luar akademik.

“Mulai dari relasi dengan profesor, pendanaan konferensi internasional, mendapat relasi dengan banyak mahasiswa dari berbagai negara, serta cultural exchange,” ungkap Tirta.

Sementara itu, Lia Citania yang juga merupakan perwakilan TEC mengatakan fasilitas terkait akomodasi untuk para pelajar mancanegara di Taiwan juga lengkap.

Mulai dari asrama pelajar, transportasi umum yang cepat, nyaman, dan foreigner friendly, serta rumah ibadah untuk berbagai agama juga tersedia di Taiwan secara lengkap.

Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas umum tersebut, biaya hidup selama di Taiwan dapat menjadi jauh lebih hemat,” jelas Lia.

Dijelaskan juga terkait mekanisme pembelajaran tatap muka di Taiwan pada masa pandemi COVID-19 ini.

Baca juga: Mau Masuk PKN STAN? Cek Syarat Nilai Rapor dan UTBK 2021

“Pemakaian masker di tempat umum, tak terkecuali kampus diwajibkan. Selain itu juga diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari dan 7 hari self health management,” jelas Lia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com