Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 4 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Siswa Lakukan Perundungan

Kompas.com - 21/02/2022, 12:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Perundungan atau bullying menjadi suatu tindakan yang harus dicegah. Untuk mencegah tindakan bullying, tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak sekolah.

Namun butuh campur tangan orangtua dan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi agar tindakan ini tidak terjadi dan menimpa para siswa. Baik saat siswa berada di sekolah maupun di luar sekolah.

Selain bisa menjadi korban perundungan, siswa juga berpotensi menjadi pelaku perundungan. Merangkum dari akun Instagram resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (21/2/2022), ada faktor-faktor yang membuat seseorang melakukan perundungan.

Mau tahu faktor apa saja yang menyebabkan seseorang bisa melakukan tindakan perundungan terhadap orang lain? Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Soho Industri Pharmasi Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Yuk Daftar

Faktor penyebab seseorang jadi pelaku perundungan

1. Faktor Biologis

Banyak ahli berpendapat bahwa faktor biologis erat kaitannya dengan kekerasan. Mulai dari pengaruh hormon, emosi dan genetik (bawaan).

2. Faktor Psikologis

Pakar psikologi berpendapat bahwa seseorang melakukan kekerasan karena usahanya untuk mencapai tujuan mengalami hambatan. Sehingga dia merasa frustasi dan mendorongnya berperilaku agresif.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini Jadwal dan Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022

3. Faktor Lingkungan

Seseorang melakukan kekerasan karena proses belajar dari lingkungannya. Misalnya perilaku kekerasan dimaklumi di daerah tertentu, media massa, tontonan telvisi, film, game atau pengalaman kekerasan yang berulang.

4. Faktor Situasional

Situasi-situasi tertentu juga bisa menyebabkan seseorang menjadi berperilakui agresif. Misalnya suhu udara kepadatan (crowding), kebisingan, polusi udara dan juga karena adanya kompetisi.

Siswa juga perlu tahu, ada beberapa jenis tindakan bullying yang sudah menjurus ke tindakan kriminalitas.

Mulai dari perundungan fisik, tindakan asusila, diskriminasi SARA, penghinaan, pemalakan atau pemerasan.

Demikian 4 faktor penyebab seseorang bisa menjadi pelaku perundungan. Perilaku ini bisa dicegah asal ada sinergi antara sekolah, orangtua dan masyarakat.

Baca juga: Kenali Jurusan Kuliah Pastry Arts, Prospek Kerjanya Menjanjikan

Sehingga generasi muda, khususnya para siswa tidak menjadi pelaku perundungan maupun menjadi korban bullying.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com