Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2022, 13:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Apabila saat ini kamu merupakan siswa SMA/MA kelas XII yang sedang mengikuti seleksi mahasiswa baru, cobalah tips memilih program studi dari salah satu guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Guru Besar Linguistik Unesa, Prof Bambang membeberkan beberapa strategi yang bisa diperhatikan baik oleh sekolah, siswa maupun orangtua saat memilih prodi.

Pertama, memerhatikan penyebaran prodi yang dipilih oleh siswanya. Menurutnya, jangan sampai beberapa siswanya memilih prodi yang sama di kampus yang sama. Baiknya, memilih prodi lain di kampus yang sama atau prodi yang sama di kampus lain.

Baca juga: 6 Tahapan Lengkap Daftar SNMPTN 2022 di portal LTMPT

Dia mencontohkan, misalnya ada 15 siswa dari sekolah yang sama, 7 di antaranya mendaftar di prodi yang sama kampus yang sama.

“Jika sama-sama bagus, lima orang itu bersaing dengan sesama temannya dari sekolah itu, padahal misalnya jatah masing-masing sekolah maksimal dua atau tiga orang,” terangnya, dilansir dari laman Unesa.

Pria yang juga menjabat menjadi wakil rektor bidang akademik ini mengatakan hal kedua adalah perlu memerhatikan tingkat persaingan di prodi yang dipilih.

Karena itu, sekolah, siswa atau orang tua bisa mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar prodi dan kampus tujuan. Untuk yang ingin mendaftar ke Unesa bisa langsung mengunjungi laman admisi.unesa.ac.id.

Di sana langsung ada data penerimaan mahasiswa tahun sebelumnya yang bisa jadi referensi persaingan prodi di Unesa.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Sementara itu, Kepala Satuan Admisi Unesa, Sukarmin melanjutkan kiat yang ketiga, bagi peserta yang mendaftar, baiknya tidak lintas bidang atau dari IPA ke IPS atau sebaliknya.

Pada dasarnya memang tidak masalah. Namun, dia menegaskan, peserta tidak hanya berpikir bagaimana bisa masuk kuliah, tetapi juga harus berpikir bagaimana proses kuliahnya nanti.

“Jangan sampai sudah lulus, terus tidak registrasi ulang gara-gara prodi tidak diminati. Apalagi sekarang ada aturan, bagi yang sudah lolos dan tidak daftar ulang itu nanti tidak bisa mendaftar UTBK,” jelasnya.

Keempat, calon pendaftar harus mempelajari kesesuaian nilai rapor dengan prodi yang dituju. Sangat direkomendasikan jika prodi yang dituju linier dengan jurusan sewaktu di SMA, SMK atau MA.

Kelima, pelajari pagu atau daya tampung kampus tujuan agar bisa mengukur kemampuan dengan peluang yang ada. Kemudian, jika memiliki prestasi tingkat nasional maupun internasional, sertakan portofolio prestasi tersebut saat mendaftar.

Keenam, sertifikat yang diupload diutamakan sesuai dengan prodi yang dituju. Misalnya, juara 1 Lomba Puisi tingkat nasional akan mendapat poin yang tinggi ketika masuk ke prodi Sastra Indonesia dan sebagainya.

Atau, juara 1 Olimpiade Matematika tingkat nasional, maka akan mendapat poin yang besar ketika masuk ke prodi Matematika atau prodi yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). “Persiapkan diri sebaik mungkin, perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan SNMPTN,” pesannya.

Baca juga: Syarat Masuk 10 Prodi S1 Militer Unhan 2022, Kuliah Gratis dan Asrama

Sementara itu, Kepala Humas Unesa, Vinda Maya Setianingrum menyampaikan bahwa selain tips di atas juga perlu memerhatikan kelengkapan bekal calon seperti rapot, portofolio, sertifikat dan kualifikasi sekolah juga menjadi poin penentu penilaian.

“Maksimalkan apabila ada sertifikat, pilih 3 sertifikat terbaik untuk diunggah. Unesa juga mengakui sertifikat dalam event atau lomba keagamaan untuk menjadi poin penambah nilai di SNMPTN ini, berlaku untuk semua jurusan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com