Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tahapan Lengkap Daftar SNMPTN 2022 di portal LTMPT

Kompas.com - 14/02/2022, 09:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka sekarang pada pukul 15.00 WIB dan berlangsung hingga 28 Februari 2022.

Para calon pendaftar yang bisa mendaftar SNMPTN adalah siswa SMA yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen. 

Lalu, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Dilansir dari Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 yang dikeluarkan LTMPT, berikut ini adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2022:

Baca juga: 25 Jurusan UI, UGM, ITB dengan Daya Tampung Terbanyak di SNMPTN 2022

Login ke portal LTMPT dan cek data

Login di portal LTMPT yakni https://snmptn.ltmpt.ac.id/dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

Jika kamu memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah kamu login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022".

Jika kamu memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen pada portal LTMPT, akan muncul pesan "Data Anda belum permanen, pastikan data Anda sudah permanen pada portal LTMPT. Anda akan logout otomatis dalam 30 detik".

Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal.

Demikian pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, kolom Data Orangtua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah kamu isikan pada portal.

Baca juga: Cara Unduh Tanda Bukti Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN 2022

Memilih prodi

Memilih prodi Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman 'PILIHAN'. Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri.

Setelah itu, akan muncul 'Daftar Prodi' yang dapat dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Jika memilih satu program studi, Anda dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com