Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertambah 27, Kini Unsyiah Kuala Miliki 104 Guru Besar

Kompas.com - 12/01/2022, 19:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang 2021, Universitas Syiah (Unsyiah) Kuala berhasil mengukuhkan sebanyak 27 guru besar (profesor) baru dari berbagai disiplin ilmu.

Rektor USK Prof. Samsul Rizal mengatakan, dengan jumlah tersebut, maka perguruan tinggi ini berhasil mencapai target jumlah profesornya di penghujung tahun 2021.

Baca juga: Mantan Menkes Terawan Peroleh Gelar Guru Besar dari Unhan

"Target kita, Unsyiah Kuala memiliki 100 profesor sebelum tahun baru 2021. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan komitmen bersama, akhirnya target tersebut tercapai. Saat ini Unsyiah Kuala sudah memiliki 104 guru besar," ucap dia melansir laman Unsyiah Kuala, Rabu (12/1/2022).

Dia menyebut, adapun 104 guru besar tersebar di beberapa fakultas Unsyiah Kuala.

Rinciannya, sebanyak 31 guru besar berada di Fakultas Teknik, 15 guru besar berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan 13 guru besar berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Lalu, 12 guru besar berasal dari Fakultas Pertanian, 9 guru besar berasal dari Fakultas Kedokteran, dan 9 guru besar berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kemudian, ada 7 guru besar dari Fakultas Kedokteran Hewan, 5 guru besar berasal dari Fakultas Hukum, 2 guru besa dari Fakultas Kelautan dan Perikanan, serta 1 guru besar dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Rektor Unsyiah Kuala menyatakan, secara umum laju pertumbuhan guru besar semakin baik dari tahun ke tahun.

Hal ini setidaknya menjelaskan upaya Unsyiah Kuala untuk meningkatkan jumlah profesornya sudah berada di jalur yang tepat.

Meskipun dalam rentang waktu yang sama Unsyiah Kuala juga kehilangan beberapa profesor. Baik karena purna tugas ataupun meninggal dunia.

Baca juga: Tren Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Pakar Unair

"Karena alasan itulah, saat ini Unsyiah Kuala hanya memiliki 104 guru besar yang tersebar pada hampir seluruh fakultas di Unsyiah Kuala. Jumlah tersebut baru mencapai 6,5 persen dari jumlah total 1.566 orang dosen yang ada di Unsyiah Kuala," jelas Prof. Samsul Rizal.

Unsyiah Kuala terus tingkatkan jumlah guru besar

Meskipun demikian, dia optimis Unsyiah Kuala di tahun ini dapat terus meningkatkan jumlah guru besar hingga mencapai 150 orang.

Mengingat saat ini jumlah dosen Unsyiah Kuala yang memiliki jabatan fungsional lektor kepala cukup banyak.

Jumlahnya mencapai 423 orang dan mereka sangat potensial untuk menjadi calon profesor dalam waktu dekat. Menariknya, sebagian besar dari mereka masih berada di usia yang cukup muda.

"Jika 20 persen saja di antara mereka mengusulkan kenaikan jabatan ke jenjang guru besar, maka akan ada 80 guru besar baru di Unsyiah Kuala," ungkap dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com