Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JIS Buka Beasiswa Penuh bagi Siswa SMP-SMA di Indonesia

Kompas.com - 08/11/2021, 10:42 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta Intercultural School (JIS) kembali membuka beasiswa Bhinneka Tunggal Ika (BTI) untuk semua siswa di seluruh wilayah Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) atau Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN).

BTI memberikan kesempatan kepada siswa Indonesia yang berprestasi untuk mengejar minat dan mengeksplorasi potensi mereka di JIS dengan pengalaman pendidikan global yang didanai penuh.

Beasiswa ini berlaku sejak siswa tiba di JIS hingga lulus, termasuk biaya sekolah, materi pembelajaran, transportasi, serta biaya ujian tambahan.

Baca juga: Beasiswa Penuh Kuliah D4-S1 untuk Lulusan SMA-SMK, Yuk Daftar

JIS Interim Head of School, Maya Nelson mengatakan bahwa pihaknya sangat bersemangat memulai pencarian untuk angkatan baru pemimpin masa depan agar dapat bergabung dengan JIS di tahun akademik 2022/2023.

“BTI memiliki tempat yang sangat istimewa dalam komunitas kami, karena BTI semakin memperkuat ikatan kami bersama Indonesia dengan membuat perbedaan besar, terutama dalam kehidupan para penerimanya,” kata Maya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (8/11/2021).

Sebanyak tiga penerima beasiswa dipilih setiap tahun berdasarkan prestasi mereka di bidang akademik, olahraga, seni, dan sosial.

“Kami mencari siswa yang sejalan dengan misi sekolah kami untuk menjadi yang Terbaik bagi Dunia, yaitu tentang berjuang untuk memberikan yang terbaik demi perubahan positif bagi orang lain,” tutur Maya.

“Sebagai mantan siswa JIS, saya dapat memastikan bahwa mereka akan mendapatkan kesempatan belajar yang luar biasa dengan banyak kenangan mengagumkan yang akan mereka peroleh dalam komunitas multikultural," imbuhnya.

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Setiap tahun, pencarian penerima beasiswa angkatan baru dimulai dengan roadshow yang dipimpin oleh administrator JIS dan anggota Komite Beasiswa JIS.

Perkembangan digital pada tahun 2020, didorong oleh pandemi COVID-19, memungkinkan roadshow dapat diperluas secara virtual dan menjangkau berbagai kota di Indonesia.

Hasilnya, pada tahun ajaran 2021/2022 JIS menerima 413 kandidat dari seluruh nusantara — peningkatan yang signifikan dari hanya 24 kandidat selama debut program pada tahun 2018.

Selain mayoritas berasal dari Jakarta dan Pulau Jawa, para siswa juga berasal dari wilayah yang jauh dari ibukota, seperti Aceh, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Secara total, sembilan siswa telah menjadi bagian dari program beasiswa sejak diluncurkan pada tahun 2018. Mereka bergabung dengan JIS dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Kedua penerima beasiswa perdana lulus pada Juni tahun ini dan melanjutkan petualangan belajar mereka di universitas di Eropa dan Amerika Utara, salah satunya mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan gelar sarjana.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

“Pada tahun ajaran kali ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak sekolah dan lebih banyak siswa dengan Roadshow BTI virtual, yang akan terdiri dari serangkaian siaran langsung dari kampus Cilandak di Jakarta Selatan,” ujar Maya.

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 1 Februari 2022. Untuk informasi lebih lanjut tentang JIS BTI, kunjungi situs web program di https://www.jisedu.or.id/admissions/scholarships

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com