Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi Kompetensi PPPK Guru, Berikut Cara Cek 1.100 Lokasi Ujian

Kompas.com - 10/09/2021, 14:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kemendikbud Ristek mengaku ada 1.100 lokasi ujian yang dipersiapkan untuk seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru.

Sekretaris Direktorat Jenderal GTK Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani mengatakan, jumlah lokasi ujian itu akan tersebar di 500 kabupaten atau kota.

Baca juga: Seleksi PPPK, Guru Honorer Harus Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Untuk mengecek lokasi ujian, kata dia, caranya melalui akun masing-masing di laman di https://sscasn.bkn.go.id/https://sscasn.bkn.go.id/.

"Jadi bisa mengecek di akun SSACSN BKN masing-masing (terkait lokasi ujian)," kata dia secara online lewat laman YouTube Ditjen GTK Kemendikbud Ristek, Jumat (10/9/2021).

Di akun masing-masing, kata dia, juga bisa digunakan untuk mencetak kartu peserta yang akan dibawa saat ujian seleksi kompetensi PPPK guru.

Dia menyebut, ada beberapa aturan protokol kesehatan (prokes) yang harus dipatuhi peserta ujian seleksi kompetensi PPPK guru.

Pada tahap 1 ini, akan ada 629.496 peserta yang mengikuti ujian seleksi kompetensi PPPK guru.

Nantinya seluruh peserta yang mengikuti ujian akan melakukan tes antigen untuk membuktinya dirinya negatif dari virus Covid-19.

"Bukan saat ujian menerapkan pembuktian peserta jauh dari virus Covid-19, tapi H-1 saat ujian seleksi kompetensi PPPK guru," ucap dia.

Selain tes antigen, sambung dia, seluruh peserta di wilayah Jawa, Madura, dan Bali juga diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksi Covid-19 dosis pertama.

Bagi peserta yang belum vaksin Covid-19, maka pemerintah akan memfasilitasnya di waktu ujian seleksi kompetensi PPPK guru tahap 1.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Cepat Perguruan Tinggi Buka PTM Terbatas

Dukungan dari semua pihak

Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Iwan Syahril mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas semua dukungan dan kerjasama yang diberikan banyak pihak untuk menyukseskan acara seleksi kompetensi PPPK guru tahap 1.

Seperti Kemenkes, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Satgas Penanganan Covid-19, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan pemerintah daerah (Pemda).

"Kita terus dukung dan mohon berikan restu kepada guru-guru kita yang akan mengikuti proses seleksi ASN P3K dengan penuh optimisme. Karena merekalah masa depan generasi penerus bangsa," ucap Iwan.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal ZA menambahkan, Kemendagri telah mengeluarkan Instruksi Mendagri (InMendagri) terkait penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia yang terbagi ke dalam beberapa zona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com