Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKN Tematik Daring Mahasiswa Uhamka Bantu UMKM Terdampak Covid-19

Kompas.com - 23/08/2021, 19:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Guru PAUD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (PG PAUD Uhamka) yang tergabung dalam KKN Tematik kelompok 2 Marsa Izza Pratomo melakukan sosialisasi strategi pemasaran online bagi 13 mitra UMKM.

Acara yang digelar secara daring Zoom Meeting (19/8/2021) ini khusus ditujukan bagi UMKM terdampak pandemi di wilayah Jabodetabek dengan memberikan pendampingan strategi pemasaran dan langkah-langkah pembuatan akun penjualan di salah satu lokapasar (marketplace) Shopee. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat terutama kepada pelaku UMKM dalam menyusun strategi pemasaran secara online melalui salah satu platform e-commerce yaitu Shopee Indonesia," ungkap Marsa Izza Pratomo melalui rilis resmi (23/9/2021).

Baca juga: Akademisi Unair Beri Tips Sukses Berbisnis untuk Pelaku UMKM

Marsa menjelaskan, pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik Uhamka kali ini dilaksanakan secara daring dan dilakukan secara individu.

"Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik ini adalah memberikan edukasi seputar strategi pemasaran online kepada pelaku UMKM," jelas Marsa.

Lebih jauh ia menyampaikan, sesuai aturan pemerintah tentang Covid-19 yaitu di rumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan sosialisasi melalui platform Zoom. Strategi pemasaran online ini dilakukan dengan sebuah metode yang dapat disingkat menjadi SISTEM:

  1. Search and research: Melakukan proses pencarian dan riset pasar dan kompetitor mitra UMKM.
  2. Initiate strategy: Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan konsumen.
  3. Start content engine: Pergunakan berbagai konten untuk menarik konsumen kepada bisnis mitra UMKM.
  4. Traffic: Mendatangkan konsumen ke situs yang dimiliki mitra UMKM.
  5. Embrace relationship: Bina hubungan dengan konsumen melalui berbagai kanal.
  6. Money: Seluruh langkah ini dilakukan sebagai strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan.

Dalam kesempatan sama, Marza mengungkapkan, kegiatan sosialisasi strategi pemasaran online ini dilakukan karena melihat menurunnya perekonomian di Indonesia terutama pada sektor UMKM yang disebabkan pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda.

“Saat ini, para pelaku UMKM sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, sehingga membuat UMKM mengalami penurunan dalam pendapatan," ujar Marsa.

"Oleh karena itu, saya membantu mitra UMKM agar dapat mengetahui dan mempelajari mengenai strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara online hanya bermodalkan smartphone dan jaringan,” tambahnya.

Dikta Nurul, salah satu mitra UMKM mitra merasakan manfaat dari kegiatan sosialisasi strategi pemasaran online ini dan memperoleh pengetahuan baru mengenai pemasaran usaha secara mudah melalui internet (e-commerce).

Terkait kegiatan ini, Khusniyati Masykuroh, dosen pembimbing lapangan, mengatakan kegiatan KKN tematik online merupakan wujud kontribusi nyata mahasiswa untuk membantu UMKM terdampak agar mampu tetap bertahan. 

"Program KKN Tematik dengan kegiatan sosialiasi strategi pemasaran online merupakan langkah kreatif mahasiswa untuk membantu pelaku UMKM supaya tetap eksis di mas pandemi," ujarnya. 

Program ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan pemasaran produk atau usaha yang dijalankan oleh pelaku UMKM selama masa pandemi Covid-19 berlangsung saat ini hingga nanti dilakukan seterusnya.

Kegiatan KKN Tematik ini berlangsung selama 47 hari terhitung sejak 5 Juli 2021 sampai 20 Agustus 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com