Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maba FT Unnes Pecahkan Rekor MURI Ilusi Optik Pertama di Indonesia

Kompas.com - 22/08/2021, 19:26 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah dua tahun berturut-turut kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) harus dilakukan secara daring karena adanya pandemi Covid-19.

Namun demikian, kondisi ini tak menyurutkan universitas dan mahasiswa baru (maba) untuk membuat sesuatu yang unik dan menarik.

Salah satu contohnya adalah kegiatan penyambutan mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun 2021.

Penyambutan mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang tahun 2021 dilakukan secara daring namun tidak menyurutkan semangat para mahasiswa baru Unnes dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Felicia, Peneliti Muda Indonesia Raih Medali Perak di iCAN 2021

Pecahkan rekor muri konfigurasi papermob virtual

Meski pelaksanaannya dilakukan secara daring dari rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom namun mereka bisa menyajikan kreativitas yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Dekan FT Unnes Nur Qudus mengatakan, Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) Fakultas Teknik Unnes 2021 lagi-lagi membuat suatu inovasi.

Hal ini membuat Unnes semakin unggul diantara universitas lain di Indonesia dengan mempersembahkan sebuah karya seni dan teknologi yakni 'Konfigurasi Papermob Virtual dengan Ilusi Optik pertama di Indonesia' atau nama lainnya adalah Crepuscular Configuration.

"Penamaan karya kali ini diadaptasi dari fenomena alam yang menakjubkan yaitu sinar Crepuscular. Sinar Crepuscular sendiri adalah ilusi perspektif secara praktis sejajar," terang Dekan Fakultas Teknik Unnes seperti dikutip dari laman Unnes, Minggu (22/8/2021).

MURI sebagai lembaga pencatat prestasi supertative putera putri Indonesia mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Fakultas Teknik Unnes yang mahasiswanya mampu menunjukkan karsa dan karya terbaiknya.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa TELADAN bagi Mahasiswa S1, Yuk Daftar

Rekor MURI Indonesia memberikan pengakuan kepada Fakultas Teknik Unnes lantaran sebanyak 1.331 mahasiswa baru membuat Konfigurasi Papermob Virtual dengan Ilusi Optik pertama di Indonesia.

Sampaikan pesan agar semua tetap bersemangat

Nur Qudus menjelaskan, pembuatan konfigurasi papermob virtual oleh mahasiswa baru Fakultas Teknik tahun 2021 ini memberikan pesan moral kepada masyarakat agar tetap bersemangat dan tidak kehilangan harapan walau masih berhadapan dengan pandemi Covid-19.

Baca juga: Siswa, Kenali Alat Musik Tradisional Sunda Karinding dan Filosofinya

Konfigurasi ini merupakan konsep baru terkait seni konfigurasi dengan menyusun kertas berwarna sedemikian rupa sesuai dengan desain yang telah ditentukan dan diberikan sebuah transisi garis sehingga dapat menimbulkan efek sebuah ilusi mata (bergerak).

Sementara itu Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman mengapresiasi pemecahan Rekor MURI yang dilakukan mahasiswa baru.

Prof. Fathur berharap tradisi pemecahan rekor MURI ini sebagai tantangan bagi mahasiswa baru Unnes untuk selalu berinovasi dan mengembangkan soft skill dan hard skill sesuai dengan bidangnya.

Ketua Panitia PPAK FT Unnes, Afnan Hafidhuddin menambahkan, mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan ini berjumlah 1.331 dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Unair Teliti Efektivitas Terapi Telewicara bagi Penyandang Autis

Sementara itu ketua BEM FT Unnes Ardi Fauzan Bariki mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai hadiah bagi mahasiswa baru agar terpacu untuk berkreativitas melalui karya yaitu Papermoob Virtual Ilusi Optik pertama di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com