Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini Alasan Lomba Makan Kerupuk Ada Saat Peringatan HUT RI

Kompas.com - 15/08/2021, 14:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu ada semarak perayaan yang dilakukan warga.

Rakyat Indonesia merayakan dengan berbagai lomba tiap peringatan 17 Agustus. Salah satu lomba yang selalu ada tiap merayakan 17 Agustus adalah lomba makan kerupuk. Ternyata lomba makan kerupuk ini ada sejarah tersendiri lho.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (15/8/2021) menjelaskan sejumlah fakta menarik asal mula lomba makan kerupuk tiap tanggal 17 Agustus. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Walaupun perlombaan makan kerupuk terlihat sederhana, namun, lomba ini menyimpan nilai sejarah dan filosofis di dalamnya, lho.

Baca juga: Inovatif, Mahasiswa UB Ciptakan Masker Anticovid-19

Sejarah lomba makan kerupuk

Kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap andalan bagi bangsa Indonesia khususnya pada era 1930 hingga 1940-an.

Kala itu, krisis ekonomi sedang terjadi di Indonesia dan menyebabkan harga kebutuhan pangan melonjak sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Akhirnya kerupuk pun menjadi salah satu penyambung hidup lantaran harganya yang terjangkau.

Kemudian pada tahun 1950-an mulai bermunculan lomba-lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah lomba makan kerupuk.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja Lulusan SMK-D3, Buruan Daftar

Selain untuk menghibur rakyat setelah masa peperangan berakhir, lomba tersebut juga menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia tentang kondisi sulit dan memprihatinkan pada masa perang.

Dahulu pelaksanaan lomba makan kerupuk hanya dilakukan oleh warga menengah ke bawah saja. Tetapi semakin maju bangsa Indonesia, tradisi lomba makan kerupuk sudah berkembang dan merambah ke semua golongan masyarakat.

Lakukan lomba edukatif di rumah

Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kemendikbud Ristek juga membagikan informasi terkait lomba edukatif yang bisa dicoba di rumah. Lomba edukatif ini antara lain:

1. Lomba origami

2. Lomba cerdas cermat

3. Lomba menghias ruangan

4. Lomba kreasi makanan

5. Lomba menebak karakter

6. Boling sederhana dengan botol atau gelas plastik.

Baca juga: Cerita Alumnus UNS: Manfaatkan Peluang, Bangun Bisnis Desa Organik

Demikian informasi mengenai sejarah lomba kerupuk yang dilakukan tiap perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk menyemarakkan 17 Agustus, kamu juga bisa mencoba lomba edukatif bersama anggota keluarga lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com