Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Peringkat 6 di Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2021

Kompas.com - 07/06/2021, 18:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) kembali masuk dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Melalui pemeringkatan yang dilakukan Times Higher Education (THE) awal Juni 2021 ini, Undip berada pada posisi ke-6 di Indonesia dan 401+ di Asia.

The Times Higher Education Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang juga digunakan untuk melakukan pemeringkatan global dengan memberikan pembobotan yang dikalibrasi secara khusus untuk merefleksikan prioritas-prioritas lembaga pendidikan di Asia.

Di negara Indonesia, hanya 9 perguruan tinggi yang berhasil masuk pemeringkatan ini, antara lain:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Padjajaran (Unpad)
  • Universitas Telkom
  • Universitas Brawijaya (UB)

Baca juga: Kadisdik Jabar: PPDB 2021, Daftar Sesuai Jalur yang Diinginkan

Nilai skor total Undip 19,8

Dalam pemeringkatan tersebut, UI berada posisi puncak dengan total nilai 32.9. Sementara itu Undip berada pada posisi 401+ dengan nilai range keseluruhan (overall) 12,9-21,6 dan overall calculation 19,8.

Sitasi 15, industry income (alih pengetahuan ke dunia industri), 43,2, international outlook (dihitung berdasar rasio jumlah pengajar, mahasiswa, staf asing serta kerjasama internasional) 26,5, penelitian 12,8 dan pengajaran 24,9.

Mengenai table penilaian yang ada di laman Times Higher Education, Kepala Kepala Kantor Pemeringkatan Undip, Prof. Denny Nugroho mengatakan, THE mengacu pada urutan huruf (alphabet) untuk kelompok peringkat rentang yang sama yaitu 401+ dengan nilai skor overall 12,9-21,6.

Baca juga: PPDB Jateng 2021: Gunakan 4 Jalur, Ini Cara Pendaftaran dan Linknya

Sedangkan jika dilakukan perhitungan dan analisis data berdasarkan indikator citation (30 persen), industry income (7,5 persen), international outlook (7,5 persen), research (30 persen), teaching (25 persen).

Maka nilai skor total Undip adalah 19,8 sehingga berada pada urutan ke-6 nasional.

"Kami sudah melakukan perhitungan dan mengurutkan berdasarkan nilai skor totalnya. Bila tidak cermat dan hati-hati kita bisa keliru memaknainya. Beberapa media biasanya hanya melihat urutan yang ada di website untuk melihat urutan pemeringkatannya," kata Prof. Denny Nugroho seperti dikutip dari laman Undip, Senin (7/6/2021).

Baca juga: PT Petrosea Buka Lowongan Kerja bagi D3 Fresh Graduate, Simak Infonya

Pemeringkatan sebagai acuan penting

Menurut Prof. Denny, hasil pemeringkatan saat ini menjadi salah satu acuan penting yang dipakai pelajar dan keluarganya dalam memilih universitas.

Pemerintah dan kalangan perguruan tinggi juga menjadikan hasil pemeringkatan THE sebagai acuan berbagai kebijakan.

Tingginya kebutuhan atas hasil pemeringkatan dibuktikan dengan jumlah kunjungan yang tinggi terhadap website THE World University Rankings, dimana dalam setahun jumlah kunjungan mencapai hampir 30 juta.

Baca juga: Minim Dipelajari, Pakar Unair Tulis Buku tentang Kraniofasial

Sementara itu Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama menegaskan, Undip terus melakukan penyempurnaan agar kualifikasi lulusan dan proses pembelajarannya makin membaik dan sesuai dengan cita-cita yang digariskan.

"Kami terus mendorong kualifikasi para dosen dengan program one professor one candidate. Untuk riset, bukan hanya dosen dan peneliti yang terus menghasilkan karya ilmiah bereputasi, mahasiswa juga kita dorong dan fasilitasi supaya bisa menghasilkan karya inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat," urai Prof. Yos Johan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com