Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Brand Semakin Dikenal Jangan Hanya Berani Viral, Ini Tipsnya

Kompas.com - 07/04/2021, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Saptono Raharjo | Editor: Penerbit Bhuana Ilmu Populer

KOMPAS.com - Biasanya sesuatu yang viral akan menjadi trending topic. Tetapi, jika memviralkan satu produk tanpa strategi pemasaran yang pas, akan percuma. Meskipun, cara pemasarannya menggunakan media sosial yang lebih bisa menjangkau banyak khalayak.

Kita tahu bahwa media sosial penting, tetapi kita tidak tahu bagaimana memanfaatkannya sebaik-baiknya. Akhirnya, kita menjalankan pemasaran suatu produk berdasarkan gagasan yang keliru bahwa menjadi viral adalah strategi sekaligus solusi.

Padahal menjadi viral tidak menjamin jika hal tersebut akan membawa kita lebih dekat ke tujuan dan akan ada banyak variabel di luar kontrol untuk menjadikannya sebuah tujuan yang layak diperjuangkan.

Untuk itu, berhentilah untuk menjadi viral, mulailah membangun brand. Menurut Oxford Dictionaries, brand is a type of product manufactured by a particular company under a particular name.

Baca juga: Buku Minggu Ini: 5 Pilihan Adult Coloring Book Pengurang Stres

Kurang lebih, artinya adalah sebuah tipe produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan di bawah sebuah nama.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus menyerah dan menarik brand Anda keluar dari media sosial. Media sosial adalah sebuah cara yang paling efektif untuk membagikan pesan Anda, dan belajar untuk memanfaatkannya dengan baik adalah kunci keberhasilan pemasaran Anda.

Lebih jauh lagi, kehadiran media sosial di mana-mana berarti bahwa platform ini adalah kesempatan terbaik untuk Anda hadir sejelas mungkin, sesering mungkin. Lagi pula, media sosial gratis. Jadi, bisa dimanfaatkan secara potensial.

Alih-alih membuang-buang waktu dan uang dalam usaha untuk menjadi viral, Anda perlu mempelajari cara pasti untuk membangun suatu brand yang sukses di media sosial. Social Media Success for Every Brand mengeksplorasi bagaimana cara melakukan hal itu.

Baca juga: Overheard Jakarta, Sekelumit Kisah dari Warga Ibu Kota Jakarta

Mengenal tiga komponen pemasaran

Jika brand Anda ingin sukses di media sosial, sangat penting bagi Anda untuk memahami terlebih dulu tentang komponen pemasaran. Di dalamnya, ada dua jenis pemasaran yang berbeda yaitu pemasaran brand dan pemasaran langsung.

Pemasaran brand mencakup hal-hal seperti media digital, media sosial, dan kehumasan, dengan tujuan utamanya adalah kesadaran dan keterlibatan. Membangun reputasi serta komunitas adalah tujuan yang lainnya.

Sebaliknya, tujuan dari pemasaran langsung (yang juga dikenal sebagai pemasaran tanggap–langsung) adalah melakukan penjualan. Pemasaran brand menyediakan pondasi bagi pemasaran langsung, dan Anda memerlukannya agar dapat mengeksekusi pemasaran langsung secara efektif.

Lalu, jangan lupa akan tangga keterlibatan konsumen dalam brand Anda. Perlu diingat, begitu konsumen Anda menaiki tangga dan sampai ke anak tangga yang lebih tinggi, anak tangga sebelumnya masih penting.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Jika tidak, seluruh tangga akan jatuh. Jika Anda sampai ke anak tangga ketiga, itu tidak berarti bahwa saya dapat memotong tangga pertama tanpa membuat Anda terjatuh.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com