Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2021, 15:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) kembali mengumumkan daftar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Dalam pemeringkatan ini, ada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk dalam 1.000 universitas terbaik yang diumumkan QS WUR.

Salah satu perguruan negeri tinggi yang berhasil masuk dalam universitas terbaik dunia yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Melansir dari laman its.ac.id, Kali ini ITS berhasil meningkatkan peringkatnya pada kategori Engineering & Technology.

Pemeringkatan QS WUR by Subject 2021 diluncurkan secara virtual pada acara webinar on-demand dengan mencakup 51 bidang keilmuan yang terkelompokkan dalam lima broad subject areas.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Yaitu Art and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Sciences dan Social Sciences and Management.

Gunakan 4 indikator

Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengungkapkan, aspek penilaian tahun ini mempunyai empat indikator. Antara lain:

1. Academic Reputation

2. Employer Reputation

3. Citations per Paper

4. H-Index Citations.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Masing-masing bidang keilmuan dalam QS WUR by Subject mempunyai bobot penilaian yang berbeda.

Namun untuk bidang keilmuan yang ada dalam lingkup Engineering and Technology mempunyai bobot yang sama untuk tiap indikator.

"Untuk kategori Engineering and Technology, ITS pun meraih peringkat 401 – 450 dalam QS WUR by Subject 2021. Peringkat tersebut naik dibandingkan QS WUR by Subject 2020 yang masih berada pada peringkat 451 – 500 untuk bidang yang sama," papar Rulli seperti dikutip dari laman its.ac.id, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: 30 Jurusan UI dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN 2021

3 bidang keilmuan masuk 500 besar SQ WUR

Menurut Rulli, terdapat tiga bidang keilmuan yang lebih spesifik. ITS masuk dalam 500 besar QS WUR by Subject 2021. Yaitu Mechanical Engineering, Computer Science and Information System, dan Electrical and Electronic,” papar Rulli.

Pada bidang Computer Science and Information System, lanjut Rulli, tahun ini ITS berhasil menduduki peringkat 401 – 450 dunia dibandingkan pada tahun 2020 yang berada pada peringkat 451 – 500 dunia. 

Selain itu, pada bidang Mechanical Engineering, ITS mempertahankan peringkatnya di posisi 351 – 400 dunia. 

Kemudian pada bidang Electrical and Electronic, ITS berada di peringkat 451 – 500 dunia pada tahun 2021 ini. 

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Tingkatkan jejaring riset di level internasional

Rulli mengungkapkan, peringkat secara domestik masih belum dapat diketahui. Karena skor detail dari masing-masing indikator QS WUR by Subject 2021 untuk masing-masing perguruan tinggi juga masih belum muncul.

“Ke depannya, untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan capaian ITS, membangun jejaring riset di level internasional adalah hal yang perlu ditingkatkan,” imbuh Rulli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com