Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Peluang Kerja Ilmu Perpustakaan dan Daya Tampung SBMPTN 2021

Kompas.com - 11/03/2021, 09:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buku adalah jendela dunia. Sedangkan tempat untuk mencari buku yang ingin kita baca bisa ditemukan di perpustakaan. Biasanya saat kita berada di perpustakaan, ada petugas yang menjaga atau biasa disebut Pustakawan.

Di jenjang perguruan tinggi, ternyata ada program pendidikan S1 Ilmu Perpustakaan lho. Bagi kalian calon mahasiswa, bisa mengulik lebih dalam apa saja nih peluang kerja dan yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan.

Apalagi menjelang pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mengetahui daya tampung prodi juga bisa jadi pertimbangan kalian dalam menentukan prodi dan perguruan tinggi.

Daya tampung Ilmu Perpustakaan di beberapa PTN

Misalnya di Universitas Indonesia, dalam SBMPTN 2020, Ilmu Perpustakaan memiliki peminat 601 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 sebanyak 14 kursi saja.

Baca juga: Daya Tampung 60 Prodi S1 UNY Jalur SBMPTN 2021

Di Universitas Padjadjaran, dalam SBMPTN 2020, Ilmu Perpustakaan memili peminat 798 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 sebanyak 42 kursi saja.

Sedangkan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dalam SBMPTN 2020, Ilmu Perpustakaan memiliki peminat 625 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 sebanyak 44 kursi saja.

Merangkum dari laman undip.ac.id, lulusan prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip Semarang ternyata banyak diminati Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Lulusan Ilmu Perpustakaan Undip dinilai siap kerja dan memiliki kompetensi pada bidangnya. Sehingga mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

Baca juga: H-4 Penutupan, Siswa Diimbau Gunakan Laptop Saat Registrasi LTMPT

Peluang kerja Ilmu Perpustakaan

Menurut Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FIB Undip, Dra Rukiyah M.Hum ada beberapa peluang kerja yang bisa dilakoni lulusan S1 Ilmu Perpusataan. Tidak hanya menjadi pustakawan, tetapi juga bisa sejumlah profesi lain, seperti:

1. Document controller
2. Publisher
3. Peneliti
4. Academic librarian
5. Subject specialist
6. Cyberian

Baca juga: Lulusan MA, Perhatikan Langkah Ini Jika Terkendala Registrasi LTMPT
7. Sifter information resources
8. Information manager
9. Infographic maker
10. Content creator
11. Konsultan informasi
12. Database administration

"Bahkan saat ini ada juga lulusan kami yang berprofesi data analyst,” terang Dra Rukiyah M.Hum seperti dikutip dari lamam undip.ac.id, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Prodi Ini Hanya Ada 1 di Indonesia, Intip Daya Tampung di SBMPTN 2021

Menurut Rukiyah, saat ini berkembang banyak sekali jenis kegiatan dan spesialisasi yang muncul di era industri 4.0. Kabar gembiranya, bidang-bidang tersebut relevan dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki lulusan Ilmu Perpustakaan.

Oleh karena itu tidak mengherankan kalau kalangan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan instansi pemerintah yang menyerap lulusan Ilmu Perpustakaan.

Rukiyah mengungkapkan, pengelola Prodi Ilmu Perpustakaan memastikan selalu melakukan antisipasi terhadap dinamika yang terjadi di dunia kerja yang dihadapi para lulusannya.

Siapkan lulusan yang memenuhi pasar kerja

Evaluasi dan penyesuaian kurikulum juga rutin dilakukan, dengan tetap mengacu pada regulasi yang ada. ‘’Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FIB UNDIP berkomitmen untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan memenuhi stakeholders dan pasar kerja,’’ terang Rukiyah.

Baca juga: Ingin Kuliah Undip? Ini Rincian Biaya UKT Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com