Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Ini Hanya Ada 1 di Indonesia, Intip Daya Tampung di SBMPTN 2021

Kompas.com - 26/02/2021, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak sekali perguruan tinggi. Tiap perguruan tinggi tentunya memiliki program pendidikan (prodi) yang paling diminati oleh lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan. Tapi ada pula program pendidikan yang justru sepi peminatnya.

Dari ratusan atau bahkan ribuan program pendidikan yang ada, ternyata ada beberapa program pendidikan yang hanya ada satu di Indonesia. Mau tau program pendidikan apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Merangkum akun Instagram Good News From Indonesia, ada 10 program pendidikan atau jurusan yang hanya ada satu di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Meski tak ditemukan di Perguruan Tinggi lainnya, tapi bukan berarti tidak punya prospek kerja yang bagus lho. Mari kita simak, program pendidikan apa saja sih yang hanya ada satu di Indonesia.

1. Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Prodi yang hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 punya daya tampung 46 kursi. Sedangkan dalam SBMPTN tahun 2020, peminat jurusan ini mencapai 865 orang.

Melansir laman skpm.ipb.ac.id, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) menjadi program studi program sarjana peringkat kelima paling diminati di IPB oleh lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: 30 Jurusan UI dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN 2021

2. Astronomi

Jurusan yang melakukan pengamatan terhadap tata surya ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Prodi yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini pada SBMPTN 2020 dipilih oleh 1.237 orang. Sedangkan daya tampung SBMPTN 2021 hanya 142 kursi.

3. Teknik Nuklir

Jurusan ini hanya bisa ditemukan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Merangkum laman LTMPT, peminat Teknik Nuklir pada SBMPTN tahun 2020 sebanyak 311. Sedangkan daya tampung pada SBMPTN 2021 sebanyak 18 kursi.

4. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Selain Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB juga memiliki prodi yang hanya terdapat satu di Indonesia. Yakni program pendidikan Ilmu Keluarga dan Konsumen.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Dari laman LTMPT, Ilmu Keluarga dan Konsumen dalam SBMPTN 2021 memiliki daya tampung sebanyak 32 sedangkan peminat dalam SBMPTN 2020 sebanyak 606 orang.

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Program pendidikan ini hanya bisa ditemukan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Dari laman LTMPT, peminat prodi ini ternyata cukup banyak. Dalam SBMPTN 2020 peminatnya 106, sedangkan SBMPTN 2021, ITERA punya daya tampung 59 kursi.

6. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Program pendidikan ini hanya bisa ditemukan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dari laman LTMPT diketahui bahwa dalam SBMPTN 2020, peminat prodi ini cukup banyak sebesar 397 orang. Sedangkan dalam SBMPTN 2021, daya tampungnya hanya 30 kursi.

7. Teknik Transportasi Laut

Program pendidikan ini hanya ditemukan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Prodi ini dalam SBMPTN 2021 punya daya tampung sebesar 15 kursi sedangkan peminat tahun 2020 sebanyak 172 orang.

Baca juga: Daya Tampung 69 Prodi Unnes di SNMPTN 2021

8. Manajemen Industri Katering

Jika kamu ingin mengulik industri katering lebih dalam, program pendidikan Manajemen Industri Katering ini hanya bisa ditemukan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Peminatnya dalam SBMPTN 2020 cukup besar, yaitu 702 kursi. Sedangkan daya tampung SBMPTN 2021 sebanyak 40 kursi.

9. Rekayasa Nanoteknologi

Program pendidikan Rekayasa Nanoteknologi hanya bisa ditemukan di Universitas Airlangga. Dari laman LTMPT, peminat program pendidikan Rekayasa Nanoteknologi dalam SBMPTN 2020 sebanyak 198 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 sebanyak 30 kursi.

Baca juga: Sepi Peminat, Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah Terbuka Lebar

10. Sastra Belanda

Program pendidikan Sastra Belanda hanya bisa ditemukan di Universitas Indonesia (UI). Peminatnya dalam SBMPTN 2020 sebanyak 210 orang. Sedangkan daya tampung dalam SBMPTN 2021 dari program pendidikan Sastra Belanda cukup sedikit, hanya 9 kursi.

Nah itu dia 10 program pendidikan yang hanya ditemukan satu di Indonesia. Ada yang tertarik memilih 10 program pendidikan tersebut dalam SBMPTN 2021?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com